Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Alias Lola

Bekerja menggunakan PC, semacam Laptop tentu akan membuat mood anda tidak enak bila mendapati laptop tersebut lambat bekerjanya. Waktu akan terbuang sia sia demi menunggu loading laptop yang lama.

Sebenarnya apa penyebab laptop atau PC menjadi lambat tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa penyebab laptop menjadi lambat dan cara mengatasi laptop yang 'lola' dan sering freeze atau tegang tegang gitu.

- Laptop Terserang Virus

Bisa jadi lambat laptop yang anda miliki dikarenakan terserang virus sehingga kinerja laptop tersebut tidak maksimal. Virus tersebut akan ikut serta memengaruhi PC atau laptop ketika bekerja.

Untuk mengatasinya, anda harus membersihkan virus di laptop tersebut. Jangan lupa sebaiknya anda menggunakan antivirus pada laptop untuk mencegah serangan virus. Hal terpenting, gunakan antivirus yang original, bukan hasil oplosan. Sebab bisa jadi, ketika download antivirus oplosan malah disisipi virus.

- Temperatur Laptop

Berikutnya adalah faktor suhu. Ketika sudah terlalu lama digunakan maka laptop bisa menjadi panas dan menyebabkan perlambatan dalam bekerja.

Biasanya ada tersedia 'fan' tambahan yang ditaruh di bawah laptop. Pastikan juga fan dalam laptop anda diganti dan dicek serta dibersihkan secara berkala.

- Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Mungkin anda terlalu banyak membuka aplikasi pada PC. Anda membuka Microsoft Word atau lainnya, sembari browsing kemudian menyalakan Winamp dan beberapa aplikasi lainnya.

Sama seperti manusia, dengan beban bekerja sebanyak itu tentu akan membuat pekerjaan menjadi lambat. Sebisa mungkin solusinya tentu anda tahu sendiri. Bukalah aplikasi yang benar benar anda butuh saja saat itu.

- System File Corrupt

Penyebab lainnya mungkin ada file pada laptop anda yang hilang. Maksud saya adalah file sistem operasi. Biasanya ada di drive Windows C.

Jika anda tahu banyak, anda bisa mengeceknya sendiri. Jika tidak bantulah teman anda yang tahu banyak tentang sistem operasi komputer. Atau, jalan terakhir ya install ulang laptop anda tetapi barang pasti jangan lupa back up data data penting anda.

- Perangkat yang Tidak Memadai

Ada kemungkinan lainnya permasalahan RAM, VGA dan System Memory lainnya pada laptop anda. Anda harus membersihkan laptop dan menghapus file yang tidak digunakan.

Atau, untuk permasalahan RAM, anda bisa menggunakan RAM tambahan. Selain itu, ketika install aplikasi pertimbangkan RAM & ROM yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Itulah beberapa penyebab laptop, PC atau notebook menjadi lambat ketika bekerja.  Baca juga: Cara Mematikan Notifikasi Product Activation Failed pada Microsoft Office

Loading...

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Alias Lola"

Post a Comment