Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Hubungan Suku Bunga dan Harga Emas

Ketika anda membaca sebuah berita tentang perekonomian sebuah negara. Kata yang tidak akan pernah terlewatkan adalah tingkat suku bunga. Kemudian berbicara tentang investasi, emas adalah salah satu target investasi yang cukup bagus.
Hubungan Suku Bunga dan Harga Emas
Emas disebut sebut sebagai instrumen investasi yang nilainya tetap dari masa ke masa. Bahkan secara harga emas akan cenderung naik. Apakah benar? Apa tidak ada hal lain yang mempengaruhi harga emas? Jawabannya ada. Lebih lengkap bisa anda baca: Faktor yang Mempengaruhi Turun-Naiknya Harga Emas

Sebenarnya salah satu hal yang mempengaruhi harga emas adalah suku bunga. Semisal saja, emas antam, tidak selamanya harga emas ANTAM tersebut naik. Setiap waktu akan terjadi pergeseran harga emas, bisa saja itu harga emas menurun.

Lalu bagaimana pengaruh suku bunga terhadap emas?

Tingkat Suku bunga akan dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran uang. Dengan lain kata, hukum permintaan dan penawaran berlaku di sini.

Apabila penawaran uang tetap, maka pendapatan nasional akan lebih tinggi. Imbasnya, tingkat suku bunga juga akan tinggi. Efek domino berikutnya, ini akan mempengaruhi investasi. Minat masyarakat untuk berinvestasi akan semakin tinggi demi memperoleh suku bunga yang tinggi.

Hubungannya, ketika suku bunga tinggi, masyarakat lebih tertarik berinvestasi dalam bentuk deposito atau dalam pasar modal (saham dan lainnya). Secara tidak langsung, masyarakat sedikit 'mengabaikan' berinvestasi pada logam mulia.

Akibatnya, permintaan logam mulia sedikit. Harga tentu saja akan menurun sesuai hukum permintaan dan penawaran. Begitu juga sebaliknya, jika suku bunga rendah - masyarakat tidak tertarik berinvestasi dalam bentuk deposito dan pasar modal. Masyarakat cenderung menabung dalam bentuk logam mulia. Implikasinya, permintaan emas akan naik dan disertai dengan pelonjakan harga.

Kesimpulan akhir, Semakin tinggi tingkat suku bunga maka harga emas akan menurun dan Semakin rendah tingkat suku bunga maka harga emas akan naik.

Loading...

0 Response to "Hubungan Suku Bunga dan Harga Emas"

Post a Comment