Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Harga emas juga mengalami kenaikan dan penurunan dalam jangka waktu pendek. Penyebabnya adalah karena supply and demand (permintaan dan penawaran). Meskipun disebut memiliki fungsi lindung nilai (hedging) tetapi tak tertutup kemungkinan harga emas akan turun.
Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas
Image: https://economy.okezone.com/
Lantas apa yang menyebabkan harga emas bisa turun atau naik?

Berikut beberapa faktor penyebab naik turunnya harga emas,

Harga Saham pada Pasar Modal

Harga saham pada pasar modal ini tidak terfokus pada saham perusahaan yang bergerak di bidang emas saja. Melainkan semua saham yang diperdagangkan pada bursa saham.

Pada kondisi harga saham lesu atau malahan menurun. Investor akan mengalihkan dana mereka pada logam mulia atau emas. Dengan begitu, permintaan akan emas akan meningkat, tentunya ketika permintaan meningkat harga akan semakin tinggi.

Sebaliknya, ketika harga saham mulai merangkak naik.Tren positif tertangkap oleh investor. Investor tentu lebih senang berinvestasi pada pasar modal dengan harapan memperoleh return yang tinggi. Emas sedikit 'terabaikan', bahkan jika ada investor yang memiliki emas ketika tren saham positif akan bermurah hati menjual emasnya. Situasi ini membuat harga emas akan turun, permintaan semakin sedikit.

Nilai Tukar Dollar US (USD)

USD atau dollar Amerika Serikat, merupakan patokan utama dalam perekonomian manapun. Bisa disebut, USD adalah standar dalam melakukan investasi dan penilaian keuangan.

Ketika harga mata uang USD melemah. Investor tentu akan berusahan melindungi nilai dana mereka. Artinya, mereka akan mengalihkan USD yang mereka miliki ke sesuatu yang memiliki nilai lindung. Apalagi kalau bukan emas. Hubungannya di sini, ketika investor ramai membeli emas, permintaan akan meningkat. Berikutnya, hampir sama dengan penjelasan di atas.

Situasi Ekonomi

Kondisi yang sering menjadi penentu harga emas adalah inflasi. Selain itu juga ada pengaruh dari perubahan harga minyak, perubahan harga nilai tukar uang (kurs), kepanikan finansial, situasi keamanan baik itu masalah politik dan sebagainya.

Hal lain juga menjadi pengaruh yakninya tingkat suku bunga. Bagaimana pengaruh tingkat suku bunga terhadap harga emas? Anda bisa baca: Suku Bunga dan Harga Emas

Loading...

0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas"

Post a Comment