Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Handphone Tercebur? Ini yang Harus Dilakukan

Insiden yang tak pernah direncanakan dan tak pernah diinginkan adalah handphone tercebur atau kena air. Mungkin karena kecerobohan yang tak sengaja anda lakukan. Sering ditemukan kasus, handphone tercebur di closed kamar mandi. Karena terburu buru misalnya, handphone yang ditaruh di kantong 'terjun' bebas.
hp terkena air


Pada logikanya jika barang elektronik yang kena air ketika masih menyala akan menyebabkan konslet. Namun resiko kerusakan lain bisa diminimalisasi dengan beberapa langkah. Langkah yang wajib dilakukan ketika handphone kena air adalah:

1) Lepaskan Batrai Ponsel. Bila ternyata handphone masih menyala, jangan biarkan handphone tersebut menyala. Ataupun jika mati. Apapun kondisi handphone setelah kena air, lepaskan dulu batrai ponsel tersebut. Keluarkan SIM Card dan Memory eksternal.

2) Jika memngkinkan lepas semua handphone. Buka dengan hati hati ponsel anda setiap bagian yang ditutupi plastik. Bahkan sangat disarankan membuka belahan ponsel dan semua skrup. Biarkan bagian dalam ponsel terbuka bebas, kena angin. Ini ditujukan agar bagian alam tersebut bisa lebih kering.

3) Sebelumnya, jika handphone jatuh pada minuman seperti kopi, susu. Maka sebaiknya bersihkan handphone tersebut terlebih dahulu sebelum dibuka batrainya. Tidak usah direndam terlalu lama, cukup untuk menghilangakan serbuk sisa susu atau kopi yang menempel pada ponsel anda.

4) Anginkan ponsel dijendela atau bagian yang terkena cahaya matahari dan dibatas cermin. Jangan jemur dibawah sinar matahari langsung. Namun dilarang menggunakan hair dryer. Karena panas dari hair dryer ini berlebihan dan kurang baik untuk handphone anda.  Jika sudah cukup kering. Masukkan handphone pada tumpukan beras. Ini untuk memastikan bagian bagian ponsel kering. Karena sebuah tumpukan beras bersifat hangat dan mengeringkan.

5) Setelah handphone di dalam tumpukan beras selama 6 jam.Maka kembali pasang bagian handphone (batrai dan sim). Nyalakan. Jika masih tidak aktif, maka segera bawa ke toko handphone, tanyakan apa masi bisa diperbaiki. Jika tidak bisa diperbaiki, satu satunya jalan untuk anda adalah membeli ponsel baru.

Loading...