Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Mengenal Gejala Stroke di Usia Muda

Tahukan Anda bahwasanya 10% penderita penyakit stroke berumur dibawah 45 tahun. Dengan alasan tersebut pentinglah sekiranya untuk mengenali gejala penyakit ini. Apabila ternyata mengalami gejala gejala akan terkena penyakit stroke tentu bisa sebagai langkah awal bagi Anda untuk melakukan tips tips pencegahan penyakit stroke.
gejala penyakit stroke

Penyebab penyakit stroke ini adalah karena adaya penyumbatan bekuan darah pada otak. Jika tidak ditangani secara cepat maka akan berakibat kematian. Makanya perlu penanganan yang fast-response untuk penderita penyakit yang satu ini. Untuk mengenal apakah ada kemungkinan besar anda terkena stroke bisa dilihat dari gejala berikut ini.

Kaku, Kesemutan pada Bagian Tubuh

Gejala awal dari penyakit ini adalah kesemutan atau bisa jadi mati rasa pada bagian kaki, tangan ataupun wajah. Penderita stroke, akan mengalami pelemahan mendadak. Ini disebabkan karena penyumbatan oleh bekuan darah, sehinga aliran darah pada daerah yang dirasa kaku tersebut tidak normal.

Untuk mengenali gejala ini bisa dilakukan praktik mudah. Angkat kedua tangan ke atas lurus di ke atas. (disisi kepala). Tahanlah dalam waktu 15 detik. Jika tiba tiba salah satu tangan jatuh, ini menandakan  anda sudah memiliki gejala stroke.

Mengalami Kesulitan Berbicara

Bagi penderita stroke, sama sama diketahui mereka bisa saja sampai tidak bisa berbicara. Kesulitan berbicaar ini juga bisa menjadi indikator bagi yang akan terkena stroke. Gejala awal akan terlihat dimana calon penderita stroke berbicara tidak jelas, kadang seperti kebingunan dan susah memahami sebuah pembicaraan.

Gejala ini dalam istilah medis disebut aphasia. Penyebabnya sendiri karena aliran darah ke otak terganggu dan berefek dengan kesulitan dalam berkomunikasi.

Gangguan Keseimbangan dan Koordinasi

Gangguan pada keseimbangan dan koordinasi bisa juga dijadikan sebagai penanda terserang stroke. Gejala tersebut ditunjukkan dengan merasa labil saat berjalan atau kepala tereasa pusing. Kejadian ini disebabkan karena kurangnya suplai darah ke otak.

Imbasnya, pasokan oksigen ke otak berkurang dan tubuh menjadi lemah. Lemahnya tubuh ini yang menyebabkan gangguan koordinasi dan keseimbangan.

Gangguan Penglihatan

Gejala ini ditandai dengan penlihatan yang kabur. Bahkan terkadang tiba tiba penglihatan menjadi gelap. Ini bisa terjadi pada satu mata atau dua mata sekalipun. Penyebab ini terjadi dikarenakan suplai darah ke otak yang terhambat. Sehingga peran otak untuk penglihatan akan terganggu.

Wajah yang Tidak Simetris

Bagi penderita stroke, tak usah dijelaskan lagi bagaimana wajah mereka.  Perubahan pada wajah bisa dijadikan indikator lain mengidentifikasi gejala stroke. Wajah yang seperti apa, bisa dkatakan memiliki resiko stroke.

Berdirilah di depan cermin, kemudian tersenyumlah pada cermin tersebut. Perhatikan senyum anda, bila suatu bagian (kiri/kanan) wajah terkulai lebih dibanding yang lain. Ini tanda tanda anda akan terkena stroke dalam waktu dekat. Ini dikategorikan gejala stroke dikarenakan, pada wajah yang terkulai tersebut aliran darah tidak berjalan sebagaimana mestinya. Makanya pada bagian tersebut tidak berkontraksi karena kekurangan darah saat anda tersenyum.

Beberapa gejala di atas bisa mengidentifikasi kemungkinan terserang stroke. Pada kondisi lain tanpa gejala tersebut stroke juga bisa datang dengan tiba tiba. Yang terpenting tetap menjaga kesehatan dengan asupan gizi yang baik serta berolahraga yang teratur.

Loading...