Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Mengurus beasiswa PPA dan BBM Terbaru

Program beasiswa yang paling banyak ditargetkan oleh mahasiswa selain Beasiswa Bidik Misi adalah beasiswa peningkatan prestasi akademik. Kemudian ada satu lagi yaitu Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM : (bukan blackberry messenger)). Walaupun memang tak semewah beasiswa bidik misi, tetapi ini lumayan untuk meringankan beban biaya kuliah. 

Informasi Beasiswa PPA dan BBM Terbaru
Beasiswa BBM dan PPA
Perbedaan Beasiswa BBM dan PPA dibanding bidik misi adalah garansi pemberian beasiswa. Beasiswa bidik misi diberikan dari awal kuliah hingga lulus (*syarat dan ketentuan berlaku). Sementara untuk beasiswa BBM dan PPA diberikan dalam waktu satu tahun dan bisa diperpanjang atau melakukan pengurusan ulang.

Pengertian Beasiswa PPA dan BBM

Dasar hukum pemberian beasiswa BBM dan PPA ini berdasarkan PP no 48 tahun 2008 tentang pendidikan. Peraturan tersebut menjelaskan pemerintah / pemerintah daerah memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa pada peserta didik yang wali/orang tuanya kurang mampu dalam hal biaya. Lebih rinci pada pasal 27 ayat 2 dalam PP tersebut dikatakan bahwa ini juga berlaku bagi peserta didik yang berprestasi.

Berdasarkan PP tersebut, maka pemerintah melalui direktorat pendidikan tinggi (DIKTI) melakukan upaya pemberian bantuan pendidikan berupa dana biaya pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu ataupun yang berprestasi.

Untuk mahasiswa yang kurang mampu ini diberikan bantuan berupa beasiswa BBM.Sementara untuk beasiswa PPA ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi. Ke-dua jenis beasiswa ini ditujukan untuk meningkatkan pemerataan pendidikan di Indonesia. DI samping itu program ini juga tentu akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk lebih berprestasi. Lalu bagaiamana cara atau tips agar mendapatkan beasiswa PPA- BBM ini?

Tips dan Cara Mengurus Beasiswa PPA dan BBM terbaru

Pemberian beasiswa PPA dan BBM ini dilakukan dalam dua kategori. Kategori pertama untuk mahasiswa semester tiga ke atas. Ini dipertimbangkan dari prestasi akademik (PPA) dan kemampuan ekonomi mahasiswa itu sendiri. Sementara untuk mahasiswa yang baru masuk (semester 1) pemberian beasiswa (PPA) didasarkan dari hasil nilai rapor dan Ujian nasional SMA.

Syarat syarat yang harus dipersiapkan dalam pengurusan beasiswa ini adalah berupa dokumen.
  1. Kartu tanda Mahasiswa (KTM) 
  2. Kartu rencana Study (KRS) 
  3. Kartu Keluarga , Fotokopi Rekening Listrik 
Syarat syarat umum di atas harus dipersiapkan secara mutlak. Kekurangan berkas di atas bisa memastikan dokumen tidak akan diproses. Selanjutnya untuk masing masing beasiswa ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Syarat Pengurusan Beasiswa PPA Terbaru

Sesuai namanya Penunjang prestasi akademik, tentu untuk beasiswa ini prestasi akademik menjadi pertimbangan utama. Dalam pengurusan beasiswa ini diharuskan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tidak boleh kurang dari 3,00.

Ini akan dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai. Kemudian juga akan diminta surat keterangan gaji orang tua. Untuk formulir pengajuan beasiswa ini bisa diminta dibagian kemahasiswaan pada masing masing universitas. Bisa disimpulkan semakin tinggi IP, peluang mendapatkan beasiswa ini juga akan semakin besar.

Syarat Beasiswa BBM Terbaru

Kembali merujuk nama, BBM adalah bantuan belajar mahasiswa. Tujuan ini juga telah dijelaskan, bahwasanya untuk mahasiswa yang kurang mampu. Meskipun demikian, pengurusan beasiswa ini juga mempersyaratkan IP tidak boleh kurang dari 2,50.

Syarat lain yang harus dilengkapi adalah Surat Keterangan Kurang Mampu (SKTM). Surat tersebut bisa diurus di kantor kelurahan tempat asal mahasiswa.

Itulah syarat syarat khusus dalam pengajuan beasiswa PPA dan BBM. Dalam pengurusan beasiswa ada hal hal terlarang untuk dilakukan. Jangan pernah memalsukan data, jika kedapatan maka anda akan di blacklist untuk menerima beasiswa beasiswa lainnya. Tips terakhir, rajin rajin mencari informasi pada bagian kemahasiswaan/ keuangan universitas /fakultas. Karena meskipun di tempel di papan pengumuman kampus, informasi sering dirobek oleh oknum tertentu yang kurang sportif. Jangan lupa membelikan secangkir kopi pada bagian kemahasiswaan/keuangan jika memperoleh beasiswa ini. Biar nanti info beasiswa bisa didapatkan dengan mudah. Bukan ajaran yang salah, tetapi ini Indonesia.

Loading...