Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Membuat Daftar Isi pada Blog

Fitur daftar isi pada sebuah blog mungkin bisa dibilang penting. Karena dengan adanya daftar isi, Pengunjung blog akan mudah melihat isi blog Anda dan melihat artikel yang mungkin mereka butuhkan. Kurang ebih fungsinya sama dengan daftar isi pada sebuah buku. 

Baiklah sekarang BPO akan memberikan salah satu cara membuat daftar isi pada blog dengan mudah. Daftar isi ini akan otomatis terupdate jika Anda baru Saja Posting sebuah postingan Baru. 

Contohnya sebagai berikut, [ Contoh Daftar Isi Blog ] . Daftar Isi Blog ini akan otomatis dikelompokkan berdasakan Label Postingan. Pertama kita akan buat daftar isi dengan tampilan flat. Adapun langkah awalnya yaitunya harus masuk ke dashboard blog anda masing masing. Kemudian tambahkanlah halaman baru. Penambahan halaman baru bisa dilakukan dengan mengambil menu Laman pada bagian sidebar kiri setelah masuk ke akun dashboard blog anda. Untuk judul slahkan masukkan judul sesuai keinginan Anda. Bisa jadi daftar isi ataupun sitemap. Kemudian mode penulisa harus dalam bentuk HTML. Jikatelah terlaksana langkah diatas sekarang tinggal masukkan script di bawah ini pada postingan di Laman tersebut.
<script style="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="http://hasilkanuangdari.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
Untuk bagian yang berwarna merah Anda harus mengubah dengan URL blog Anda. Sementara itu perhatikan angka 9999 setelah results. Angka tersebut menunjukkan jumlah maksimal semua postingan yang akan ditampilkan.  Untuk angka tersebut BPO sarankan dibiarkan saja. Kemudian jika Anda ingin menampilkan artikel dengan label tertentu. Bisa diakali dengan mennyisipkan "/-/(LabelAnda)" di antara kata default dan tanda tanya.
Bagian kedua jika Anda ingin membuat daftar isi pada blog dengan tampilan scrolling. Kelebihan dari daftar isi dengan tipe ini, tidak dibutuhkannya halaman yang luas untuk melihat daftar isi. Dafttar isi akan ditampilkan dalam suatu kotak dengan ukuran yang telah ada. Pembaca hanya akan scrolling hingga ke bawah melalui kotak itu saja. Caranya cukup mudah, yang Anda butuhkan adalah, menambahkan sedikit kode pada awal dan  akhir (antara kode utama bagian pertama tadi). Ringkasnya, Copy saja code di bawah ini.
<div style="background-color: #dde1e3; border: 1px solid #999999; height: 100px; overflow: auto; padding: 10px; width: 100%px;">
<script style="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="http://hasilkanuangdari.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>
Kode lain dengan bentuk tampilan tanpa label dan menampilkan tangga bisa di coba sebagi berikut,
<div style="border: 0px solid #000; overflow: auto; height: auto;">
<script style="text/javascript" src="http://tivadblogspot.googlecode.com/files/Contents.js"></script>
<script style="text/javascript">
var numposts = 1000;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = false;
var numchars = 100;
var standardstyling = true;
var shownumposts = true;
</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&max-results=999&callback=showrecentposts"></script>
</div>
Nilai '100' pada 'height' dapat diubah sesuai dari panjang daftar isi yang diinginkan. Ganti kode berwarna merah dengan alamat blog Anda sendiri. Adapun cara lain model daftar isi blog adalah dengan mengurutkan daftar isi blog sesuai abjad (baca: Cara Membuat daftar isi blog sesuai alpabet)
Nah itulah cara gampang untuk membuat sebuah daftar isi pada blog Anda. Happy Blogging!!!

Loading...