Beriklan di Blog Ini? .
MURAH DAN MUDAH.
Info Lebih Lanjut [ KONTAK KAMI]

Sebab dan Cara Mengatasi Motor yang Tak Bisa di Starter


Ketika ingin mengendarai motor, tiba tiba motor tidak bisa di-starter. Cukup membuat anda sebal bukan? Aduh kenapa motor tidak bisa di-starter ya? Nah, berikut yuk kenali penyebab dan cara mengatasi motor yang tidak bisa distarter.

Air dalam Mesin

Sebab pertama ada kemungkinan air masuk pada mesin motor. Kondisi ini dikenal dengan Water Hammer.

Air akan menghambat dan mengganggu proses pembakaran dalam motor. Bisa saja motor anda terlalu kehujanan, terendam banjir dan hal lain yang menyebakan air masuk pada mesin motor anda.

Bagian yang terkena air antara lain,

  • Lobang Busi
  • Karburator
  • Ruang Pembakaran Knalpot
Disarankan bagi anda jangan berkendara menerjang genangan air. Apabila anda mengalami Water Hammer pada motor anda, untuk memperbaikinya anda harus bongkar karburator, dan ruang bahan bakar motor. Keringkan dan bersihkan.

Masalah Busi

Berikutnya sebab motor tak bisa di-starter karena busi. ada kemungkinan busi basah baik itu karena air ataupun karena rembesan oli. 

Pada kondisi basah, busi tidak akan mengalirkan listrik sehingga anda akan mengalami kesulitan dalam starter motor. Beberapa hal yang harus anda perhatikan tentang busi ini antara lain,
  1. Busi basah akibat bensi yang banyak atau rembesan oli
  2. Paking yang jelek sehingga oli merembes
  3. Busi yang tak sesuai dengan spesifikasi motor
  4. Busi sudah lama tak diganti
Dari 4 masalah busi di atas tentu anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Sistem Pengapian terganggu

Kelengkapan sistem pengapian penting anda perhatikan. Ketika sistem pengapian tersebut rusak salah satunya, maka alamat motor anda tidak bisa distarter.

Bagian yang harus anda perhatikan


  1. Kabel koil
  2. Koil
  3. CDI
  4. Platina
  5. Spull
  6. Magnet

Kabel dan Dinamo Starter

Jika beberapa hal diatas tidak masalah, kemungkinannya adalah sistem perkabelan di motor anda ada yang tidak benar atau rusak. Atau jika pengguna elektrik starter, bisa saja rusaknya dinamo starter pada motor anda.

Anda harus cek ini dengan saksama. Penggunaan dinamo starter yang tidak sesuai dengan rekomendasi untuk motor anda ataupun dinamo starter yang sudah tua akan membuat motor anda tidak bisa distarter.

Aki

Ketika starter motor, akin menjadi pemeran penyedia listrik yang menyebabkan motor akan menyala ketika di starter. Kerusakan pada aki, tentunya berdampak pada motor yang tidak akan menyala ketika di starter.

Untuk itu pastikan bahwasanya tidak ada masalah dengan aki. Coba ingat kapan terakhir kali anda memperhatikan aki motor anda tersebut.

Loading...

0 Response to "Sebab dan Cara Mengatasi Motor yang Tak Bisa di Starter"

Post a Comment