Agen SBOBET

Sebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Nyala Diengkol

Agen SBOBET

Memiliki motor yang sudah berumur tentu kerusakan pada starter elektrik sudah wajar. Untuk menghidupkan motor tentu anda harus menggunakan starter engkol. Atau, anda memang hobi menghidupkan motor dengan gaya engkol. Apalagi jika anda memiliki motor 'besar', akan semakin keren jika diengkol bukan?

Namun, juga sering ditemui masalah motor tidak bisa diengkol. Apa ya penyebab motor tidak nyala diengkol? Nah berikut beberapa kemungkina sebab motor tak nyala diengkol.
Sebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Nyala Diengkol

Klep Motor

Klep motor berfungsi sebagai pengatur masuknya gas untuk pembakaran dan tempat keluar sisa hasil pembakaran. Ada kemungkinan banyak kotoran menempel pada klep motor tersebut.

Kotoran tersebut berasal dari kerak bekas sisa pembakaran. Kotornya klep motor akan membuat kebocoran kompresi sehingga tekanan yang dihasil kan berkurang. Nah, kekurangan tekanan ini yang menjadi biang keladi motor tak bisa diengkol (compreesion loss).

Kurang Pelumas dan Gigi Engkol Berkarat

.Penyebab berikutnya adalah kurangnya pelumas. Kurang pelumas pada engkol motor akan menjadikan perstopper antara gigi pada engkol motor berkarat. Sebaiknya ini diberi oli atau pelumas.

Karat pada gigi-gigi engkol akan membuat engkol susat bergerak. Ketika ini tidak bergerak maka tak ada power dihasilkan ketika anda engkol motor.

Sudah Lama tak Digunakan

Mungkin ada sudah terbiasa dengan starter elektrik. Sehingga terkadang sesekali mengunakan starter manual, engkolnya ngambek.

Hal ini disebabkan karena kerusakan pada sistem penggeraknya. Oleh sebab itu, selalu gunakan engkol manual secara rutin ya.

Aki dan Busi telah Soak

Aki,sebagai penyuplai daya listrik. Ketika ini tidak berfungsi atau soak maka tidak akan ada listrik yang dihasilkan sehingga motor susah nyala.

Selain itu anda juga perhatikan kebersihan dan kondisi busi. Jika busi kotor atau basah bisa jadi ini sebab motor anda tidak menyala.

Bahan Bakar

Mengenai bahan bakar. Ada kemungkinan bahan bakar anda habis. Selain daripada itu, bisa jadi bahan bakar yang anda gunakan memiliki oktan rendah.

Ketika anda terlalu sering menggunakan RON atau bahan bakar dengan oktan rendah, maka makin banyak terbentuk kerak sisa pembakaran. Ini akan berdampak pada klep motor anda seperti permasalahan nomor 1.

Kabel 

Jika beberapa hal di atas tidak masalah. Maka kemungkinan berikutnya ada yang salah dengan perkabelan motor anda.

Ada kemungkinan kabel yang putus, kabel tertetekuk atau ada bagian kabel yang terbuka.

Cek Perseneling dan Kontak Motor

Kedengaran sedikit kocak, tetapi terkadang ini menjadi kealpaan anda. Apakah anda telah memposisikan perseneling motor ke netral? Apakah anda telah memastikan kunci kontak motor dalam keadaan on?

Jika 2 hal di atas tidak dicek, mau sampai jomblo berpoligami pun anda tidak akan berhasil menghidupkan motor anda. Hehehe.

Loading...

0 Response to "Sebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Nyala Diengkol"

Post a Comment