Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Membuat Penyingkat Link (Link Shortener) dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Penyingkat Link (Link Shortener) dengan Domain Sendiri
Ketika anda menjelajah di dunia internet, khususnya sosial media tentu anda pernah menemukan beberapa tautan yang mengarah ke website. Tautan tersebut pendek. Lebih ringkas tentu anda pernah melihat link atau tautan goo.gl atau bit.ly.

Sederhananya, fungsi link shortener ini adalah mempersingkat link ketika dibagikan. Sebagai contoh tautan http://www.petunjukonlene.com/ di sini bisa dipersingkat menjadi https://bit.ly/2OzEwXV. Silakan coba anda klik, anda akan di bawa ke halaman tersebut.

Khususnya untuk para blogger atau juga bisa digunakan para pemilik toko online. Menyingkat link ini akan merapihkan tautan yang panjang ketika dibagikan. Agar pendek digunakan link shortener.

Akan lebih elegan dan terkesan profesional jika tautan yang pendek tersebut khusus punya kita. Tidak umum seperti goo.gl dan bit.ly yang banyak digunakan orang orang. Bagaimana caranya? Apakah harus dibeli? Jawabannya tidak. Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut saya uraikan bagaimana cara membuat linkshorter dengan domain sendiri.

Persiapan Membuat Link Shortener 

Tahap awal anda harus persiapkan domain dan hosting. Dalam hal ini anda tentu harus berburu domain dan hosting murah. 

Selain murah menjadi pertimbangan anda, hal lain yang harus diperhitungkan adalah kapasitas penyimpanan. Sebisa mungkin anda harus memilih penyedia hosting dan domain yang menawarkan hosting unlimited murah.

Jika anda bertanya kepada saya, dimana saya bisa menemukan hosting unlimited murah tersebut? Saya rekomendasikan anda mencoba melihat di Niagahoster. Anda bisa pertimbangkan harga di sana. Menurut saya disana cukup murah dan layanan cukup baik, lalu anda juga akan diberikan domain gratis ketika membeli paket hosting. Apalagi jika anda awam dalam hal beli membeli hosting, di sana layanan customer service by chat tersedia 24 jam. Ini akan sangat membantu anda.

Setelah membeli hosting dan domain. Anda bisa lanjutkan log in ke akun CPanel Anda. Anda lanjutkan mencari menu Softacilous Apps Installer.

Biasanya untuk daftarmenu ini ada pada tampilan halaman depan setelah anda masuk pada akun CPanel. Jika anda pemula, bisa sedikit berusaha menemukaannya. Jika anda sudah akrab dengan dunia blogging, khususnya pernah membeli hosting tentu tidak akan sulit lagi menemukannnya.

Install Yourls pada CPanel

Silakan dipilih Softaculous App Installer. Kemudian anda akan di bawa pada halaman baru dengan tampilan seperti berikut.
Jika anda langsung menemukan YOURLS anda beruntung, jika tidak anda bisa gunakan kotak pencarian di bilah kiri. Jika sampai pada  Yourls, anda bisa langsung instalasi.

Berikutnya silakan lengkapi identitas situs yang akan anda buat. Terkahir silakan pilih Install pada bagian bawah,

Tunggu hingga proses installasi selesai. Jika sudah komplit 100%, anda akan ditampilkan data berikut. 
Bagian yang dikotak merah adalah website anda.
Sekarang jika anda sudah sampai pada langkah di atas, anda bisa buka alamat tersebut. 

Setelah log in anda bisa coba. Berikut saya buktikan,
Tautan yang panjang, http://www.petunjukonlene.com/2018/10/langkah-dan-cara-mengurus-sertipikat.html akan disingkat menjadi http://silangkak.fhio.xyz/1. Selain itu, di sana juga terlihat ada tombol share untuk sosmed twitter dan facebook. Cukup membantu jika ingin membagikan pada akun sosmed anda bukan? Sebenarnya ini masih pada tampilan dasar. Untuk memperbaiki tampilan anda harus memahami HTML. Saya akan sambung tutorial memperbaiki tampilannya di lain waktu. Untuk sekarang setidaknya anda telah memiliki link shortener dengan nama domain sendiri.

Saran terakhir dari saya, jika ingin membuat link shorter sendiri, pertimbangkan nama domain. Gunakan nama domain yang sesingkat mungkin. Lalu tentu saja, urusan uang pilihlah layanan penyedia hosting murah dan unlimited bandwith untuk menjaga jaga jika link anda menjadi viral. Percuma layanan hosting murah jika bandwith dibatasi, alhasil nanti banyak pengunjung yang tidak bisa mengakses halaman tautan yang anda bagikan.

Loading...

0 Response to "Cara Membuat Penyingkat Link (Link Shortener) dengan Domain Sendiri"

Post a Comment