Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM tidak Terbaca

Kartu ATM sudah menjadi fasilitas wajib bagi setiap bank bagi nasabah yang memiliki rekening di Bank tersebut. Dengan kartu ATM nasabah bisa melakukan transaksi non-tunai seperti transfer, pembayaran tagihan atau bill, pengisian pulsa dan emoney. Sementara untuk transaksi tunai nasabah bisa melakukan penarikan uang tunai yang tentunya di mesin mesin ATM.

Berbicara keamanan, sejauh ini transaksi dengan kartu ATM bisa dibilang cukup aman. Nasabah biasanya dilengkapi dengan PIN atau Personal Identification Number ketika akan melakukan transaksi.

Namun, memiliki kartu ATM bukan berarti selalu bisa digunakan. Pada kondisi tertentu ada kemungkinan kartu ATM anda tidak bisa digunakan. Mungkin terblokir atau bagian lainnya yaitu kartu ATM tidak terbaca mesin ATM.

Kira kira Kenapa atau apa penyebab kartu ATM tersebut tidak terbaca? Ada beberapa kemungkinan penyebab kartu ATM tersebut tidak terbaca,

Kerusakan Pita Hitam (magnetic Strik)

Kemungkinan pertama silakan anda periksa pita hitam pada bagian belakang kartu ATM. Ada kemungkinan kerusakan seperti gores pada pita tersebut.

Pita tersebut berisi chip yang harus dibaca mesin ATM ketika bertransaksi. Apabila pita tersebut rusak, maka mesin tidak bisa membaca kartu Anda.

Mengatasi hal ini tidak ada cara lain kecuali dengan meminta kartu ATM baru pada bank dimana anda membuka rekening. Syarat untuk menukar, mengganti kartu ATM yang rusak anda harus bawa buku rekening tabungan, kartu ATM lama, dan Identitas anda (KTP).
Penyebab Kartu ATM tidak Terbaca - petunjukonlene.com

Kartu ATM Kadaluarsa

Perhatikan kartu ATM anda bagian depan. Anda akan menemukan identifikasi bulan dan tahun masa berlaku kartu ATM. Seperti berikut,
Cara Mengatasi Kartu ATM tidak Terbaca - petunjukonlene.com
Pada gambar di atas, bagian yang dikotak berwarna merah berarti kartu Anda bisa digunakan hingga bulan 9 (September) tahun 2021. Jika sudah lewat dari waktu tersebut, ATM tidak bisa digunakan lagi. Mungkin ini penyebab ATM Anda tidak bisa digunakan. Solusi untuk kartu ATM yang sudah kadaluarsa, sama dengan masalah nomor 1 di atas.

Kartu ATM yang Terblokir

Kemungkinan ke-tiga, kartu ATM anda terblokir. Sebab kartu ATM terblokir ini bisa saja karena transaksi ada diluar batas sehingga akan teridentifikasi sebagai keanehan, sehingga pihak bank langsung memblokir kartu Anda.

Atau bisa juga karena kesalahan memasukkan PIN hingga tiga kali. Untuk menyelesaikan permasalahan kartu ATM yang diblokir ini anda juga harus mendatangi pihak Bank.

Itulah beberapa penyebab kartu ATM jika tidak bisa terbaca pada mesin ATM. Untuk segala penyelesaian sebaiknya anda datangi saja bank dimana rekening anda buka.

Loading...

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM tidak Terbaca"

Post a Comment