Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Jenis Jenis Kertas Berdasarkan Tekstur dan Kegunaan

Mungkin ada yang mengenal jenis jenis kertas di sini berdasarkan ukuran. Tetapi di sini akan diuraikan macam macam jenis kertas berdasarkan kegunaannya. Untuk jenis ukuran kertas anda bisa baca pada: Macam Macam Ukuran Kertas (A, B, C, F, R).

Berikut jenis kertas berdasarkan kegunaannya,

Art Paper

Ciri khas kertas Art Paper ini adalah permukaan kertas yang licin dan halus. Bisa ditemukan pada brosur, majalah dan seni lainnya.

Memang kertas ini ditujukan untuk pencetakan brosur, katalog dan majalah. Jenis Gramatur dari art paper ini terdiri dari 150 gr, 120 gr, 115 gr, 100 gr dan 85 gr.

Art Carton

Bagi pemula mungkin ini akan terlihat sama dengan art paper. Hanya saja ketika disentuh ini akan terasa beda.

Art Carton lebih tebal dan kaku. Kegunaan kertas Art Carton ini untuk kartu nama, cover buka, paper bag dan sejenisnya. Gramatur kertas art corton yaitu 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

Ivory

Bila anda sering belanja di Mall, pasti akan sering melihat jenis kertas ini. Jenis kertas Ivory digunakan untuk paperbag produk fashion dan cosmetics.

Hampir sama dengan Art Carton, namun bagian yang halus untuk jenis kertas Ivory hanya pada satu permukaan saja.  Gramatur dari kertas ivory :  210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr dan 400 gr.

Kertas Dupleks

Ciri Ciri kertas Dupleks dimana satu sisi warnanya putih dan sisi lain abu abu. Pada sisi putih akan pakai coated.

Guna ekrtas Dupleks untuk dus packing , obat, makanan dan benda ringan lainnya. Gramatur dari kertas dupleks 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr serta 500 gr.

Kertas HVS

Jenis kertas HVS akrab pada bagian percetakan dan fotokopi. Permukaan kertas kasar. Gramatur dari kertas HVS mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr dan 100 gr.

Samson Kraft

Kertas Samson kraft berwarna coklat semu agak kuning. Kertas ini dibuat dari daur ulang.

Sering digunakan untuk pembungkus. Gramatur kertas Samson Kraft 70 gr dan 8x gr.

Kertas BC

Kertas BC memiliki ciri permukaan yang halus, namun tidak coated. Kertas BC biasa digunakan dalam pembuatan kartu nama, brosur dan lain-lain karena memiliki pilihan warna yang beragam.

Yellow Board

Yellow board adalah kertas dengan warna kuning agak coklat. Cukup tebal.

Kertas ini  digunakan untuk ebuah undangan hard cover. Ketebalan kertas Yellow Board ini yaiutYB 30 dan YB 40.

Fancy Paper

Kertas fancy memiliki banyak jenis warna. Biasa digunakan untuk membuat undangan. Terbagi menjadi beberapa macam antara lain adalah java embos, hawaii, jasmine dan lain-lain.
kertas ivory, fancy couguted dan jenis kertas
Kertas Fancy

Corugoated

Kertas Corugated sangat mudah dibedakan dimana terdapat gelombang pada bagian tengah kertas. Sering digunakan untuk dus dan packing peralatan elektronik.

Loading...

0 Response to "Jenis Jenis Kertas Berdasarkan Tekstur dan Kegunaan"

Post a Comment