Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar dalam Melamar Kerja

Cari kerja tidak mudah. Kalaupun ada lowongan kerja tentu untuk lolos hingga diterima juga tidak mudah. Semua serba susah, tetapi lebih tepat disebut banyak tantangannya. Bagian inilah yang menjadi pembuktian diri dan bagaimana anda menunjukkan diri anda pada recruiter.

Salah satu kelengkapan dalam mengajukan lamaran kerja adalah CV (Curriculum Vitae). Dokumen ini adalah representasi diri anda. Oleh sebab itu, anda harus benar benar melakukan pembuatan CV ini dengankesalahan yang sangat minim.

Nah, berikut ada beberapa tips bagi anda yang sedang mencari kerja untuk kembali mengecek kriteria CV yang bagus.
format CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar dalam Melamar Kerja

Kaidah KISS (Keep it Simple and Short)

Sangat disarankan untuk CV ini simple alias sederhana. Mengenai panjangnya, jangan sampai lebih dari 2 halaman. Ini akan sangat membosankan untuk dibaca recruiter.

Namun, meskipun singkat keseluruhan representasi pribadi dan skill anda harus termaktub dalam CV tersebut.

Identitas yang Benar

Anda wajib memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan setiap kata dalam CV tersebut. Apalagi kalau kesalahan nama, Contact person, alamat email dan nomor telepon.

Sedikit kesalahan akan menunjukkan anda orang yang ceroboh. Andaikan anda salah menulis nomor telepon, walaupun anda bisa dihubungi via email namun tentu kesalahan penulisan nomor telepon tersebut akan memberi nilai negatif pada anda.

Informasi Yang Relevan

Tidak semua tentang anda harus diisikan dalam CV. Cukup berikan informasi penting dan relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Ini tentu akan membantu anda memenuhi syarat pertama di atas. Lebih pendek, ringkas dan berisi.

Desain? Nomor 2

Untuk desain, memang penting. Tetapi tetap kedepankan esensi pribadi yang akan anda tunjukkan pada recruiter.

Jika informasi telah dirasa lengkap tersaji, baru berikutnya anda harus pertimbangkan desain. Saran, anda pilih desain yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Semisal untuk pekerjaan sebagai desain grafis, tentu anda perlihatkan sedikit sentuhan skill anda dalam desain pada CV tersebut. Namun, apabila anda melamar sebagai guru, alangkah baiknya dengan template CV yang sederhana saja. Apabila anda melamar via email, dan ukuran file kebesaran anda bisa baca: Cara Compress File PDF agar Ukuran Lebih Kecil

Loading...

0 Response to "CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar dalam Melamar Kerja"

Post a Comment