Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Macam Macam Jenis Format Video Beserta Kelebihannya

Format atau sering disebut juga ekstensi video ada berbagai macam. Kasat matanya, format atau ekstensi video ini akan menentukan kualitas video tersebut. Nah, mungkin kamu akrab dengan format AVI, 3GP, MP4, MKV dan lain lain. Berikut beberapa format video dan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangannya.

Video Format AVI

AVI ini sendiri adalah singkatan dari Audio Video Interleave. Format ini cukup sering dipergunakan. Karena kelebihan video dengan format AVI cukup ramah dengan berbagai macam pemutar video.

Biasanya untuk handy-cam ataupun digital camera akan menggunakan format AVI sebagai hasil record videonya. Format AVI ini sendiri merupakan produk dari Microsoft.

Format Video MP4

Format video ini sangat populer juga didunia, salah satunya karena di dukung oleh Youtube. Sebelumnya Youtube menggunakan format video FLV.

Kelebihan dari video MP4 ini gambar yang lumayan bagus dan ukuran video akan lebih kecil jika dibanding FLV.

Format Video MPG/MPEG

Untuk Contoh Video dengan format MPG ini adalah video dalam kepingan disc VCD. Ekstensinya biasa ditemukan ".DAT".

Dalam bentuk lain, jenis ekstensi video ini juga akan dijumpai dalam DVD dan Blueray.

Format Video 3GP

Karakter khusus untuk video dengan format 3GP adalah dimana gambar 'kotak kotak' dan agak patah patah ketika diputar.
Jenis ekstensi ini sangat merajai Indonesia di awal tahun 2000. Terutama ketika handphone mulai menjamur video video. Sebagian besar dahulunya, video dari ponsel akan memiliki format ini. Kelebihan dari format 3gp adalah ukuran file yang sangat super kecil, namun kekurangannya yaitu kualitas gambar tidak terlalu bagus.

Format Video WEBM

Coding video VP8/VP9 dan Audio Vorbis dan Opus adalah standar Codec dalam memutar video ini. Mungkin di Indonesia belum begitu populer.

Namun, di luar Indonesia ini adalah format video yang cukup banyak digunakan untuk menyisipkan video pada halaman berbasis HTML5.

Format Video MKV

Jika anda konsumen Torrent dan Ganool, inilah yang sering anda tonton format video tersebut. Keunggulan dari MKV ini dimana untuk jenis film bisa disisipkan subtitle film tersebut dalam file yang sama dengan video.

Format Video WMV

Format Video ini bisa ditemukan ketika anda melakukan pengeditan video melalui Windows Movie Maker. Seiring berkembangnya teknologi, mungkin ini tidak terlalu banyak lagi digunakan. 

Salah satu alasannya yaitu ukuran video lebih besar ketika disimpan dengan ekstensi ini. Jika kurang yakin anda bisa edit video pada Windows Movie Maker dan menyimpan hasil editan anda tersebut.

Loading...

2 Responses to "Macam Macam Jenis Format Video Beserta Kelebihannya"