Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Pendidikan Keuangan Pribadi (Personal Financial Education)

Arti dari personal finance adalah keseluruhan aktivitas dan putusan keuangan perorangan yang mencakup anggaran, asuransi, tabungan, utang, hipotek dan investasi. Seorang ahli, Keown berpendapat bahwa ada 5 tahap dasar dalam perencanaan keuangan pribadi yang dipertimbankan,
Pendidikan Keuangan Pribadi (Personal Financial Education)
Mengevaluasi Kesehatan Finansial Pribadi
Tahap ini adalah mulainya perencanaan. Oleh sebab itu dibutuhkan pengetahuan tentang bagaimana kondisi finansial personal saat itu. Hal yang menjadi evaluasi adalah jumlah konsumsi uang yang dibelanjakan dan untuk apa pembelanjaan dan bagaimana dengan penghasilannya.

Menentapkan tujuan keuangan pribadi
Tujuan ini dibuat dengan menulisnya secara formal. Ini sangat penting untuk bisa melihat dengan jelas apa yang diinginkan. Penulisan bisa diawali dengan pencatatan biaya yang dibutuhkan dan target waktu hingga tercapai tujuan tersebut.

Pengembangan Rencana dengan Tindakan
Setelah perencanaan dan penetapan tujuan, hal yang sangat vital adalah beritndak. Tindakan nyata dengan strategi investasi akan menjadi jembatan agar tercapainya tujuannya.

Implementasi Rencana Keuangan
Implementasikan setiap rencana secara disiplin dan konsisten agar pencapai tujuan bisa dicapai.

Evaluasi dan revisi perencanaan Keuangan
Rencana yang telah dibuat sejogjanya harus ditinjau atau dievaluasi secara periodik. Setiap yang tidak memudahkan pencapaian tujuan, maka harus direvisi. Selanjutnya: 8 Topik Utama dalam Proses Perencanaan Keuangan

Loading...

0 Response to "Pendidikan Keuangan Pribadi (Personal Financial Education)"

Post a Comment