Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Arti Kode Input dan Output pada Charger Hp

Jika anda orang yang teliti, maka pada charger atau adaptor pengisian daya hp (handphone) anda akan ditemukan sejumlah kode. Kode kode tersebut merujuk pada kemampuan atau batas arus yang masuk dan akan keluar pada adaptor tersebut. Fungsi kode pada charger hp tersebut adalah memberitahu pengguna agar batas arus yang bisa digunakan atau yang cocok untuk ponsel tersebut sesuai dengan yang tertulis. Ini erat sekali kaitannya dengan ketahanan batrai ponsel anda nantinya. Berikut contoh kode pada charger gadget handphone samsung.

Dalam menentukan charger hp (yang bukan original) agar aman anda harus perhatikan kode input dan output. Bisa dilihat pada bagian kotak yang diberi warna merah.

Arti dari input/tegangan listrik 100-240V - Frekuensi 50-60Hz 0,35 A. Artinya charger bisa digunakan dalam tegangan listrik antara  100-240 Volt. Biasanya untuk standar listrik rumah sekitar 220-230V. Untuk hal ini cukup aman, begitu juga 0,35 A. Tampaknya ini  tak perlu dipikirkan.

Hal yang paling penting untuk dilihat adalah Output. Pada kode di atas terdapat kode OUTPUT 5.0V , 2.0 A. Artinya daya yang dihasilkan atau yang akan masuk pada ponsel anda adalah memiliki tegangan 5 Volt dengan arus 2A.

Pengertian di atas sangat penting anda pahami jika ingin mengisi daya ponsel dengan charger bukan bawaan atau bukan ori. Selama spesifikasi charger dengan output yang sama maka tergolong aman untuk menggunakan charger non-ori.

Bagaimana Jika mengisi dengan charger hp bukan ori dan tidak sesuai dengan spesifikasi di atas?

Ada dua kemungkinan,
Pertama, jika di atas kode yang ada pada charger hp ori, memang pengisian daya akan lebih cepat. Namun ini sangat berisiko terhadap ketahanan baterai ponsel anda.

Kedua, menggunakan charger dengan nilai di bawah kode charger ponsel asli. Pengisian baterai akan memakan waktu yang lebih lama, bahkan pada kondisi tertentu baterai hp tidak terisi meskipun telah disambungkan dengan charger.

Kode kode tersebut juga berlaku untuk gadget lain seperti laptop, notebook dan tablet. Itulah arti kode pada charger handphone anda. Semoga bisa membantu anda lebih bijak agar tidak sembarangan menggunakan charger handphone sembarangan.

Loading...

0 Response to "Arti Kode Input dan Output pada Charger Hp"

Post a Comment