Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Arti Istilah Istilah dalam Mobile Legends

Kamus Mobile Legends, Buat kamu yang baru bermain Mobile Legends guys.. Berikut Beberapa istilah dan artinya dalam game ponsel Mobile Legends. Mungkin kalau kamu pernah bermain game MOBA lain, ada beberapa istilah yang hampir sama.

Mobile Legends ternyata juga memiliki glossary atau daftar kata-kata sukar di dalamnya. Walaupun sebagian mengambil dari glossary MOBA lain, Mobile Legends tetap memiliki beberapa istilah yang khas dan hanya ada di dalam game mereka. Ingin tahu apa saja istilahnya? Silakan simak daftarnya di bawah ini.
A
Ability Effect : Ability effect merupakan istilah di Mobile Legends yang menggambarkan seberapa besar output yang dihasilkan oleh skill seorang hero.

ADC/Attack Damage Carry/Carry : ADC atau carry adalah istilah yang digunakan untuk menggolongkan hero-hero yang memiliki kekuatan serangan sangat tinggi dan mereka sanggup membawa tim (carry) menuju kemenangan. Mereka biasanya butuh farm dan gold untuk membeli gear yang mereka butuhkan.

AFK : Away from keyboard adalah istilah yang digunakan untuk memanggil pemain yang tidak aktif karena berbagai alasan. Pada Mobile Legends pemain yang AFK bisa menerima hukuman bila diadukan ke sistem.

Aggro: Aggro merupakan kata benda dari aggresive (agresif) yang dipakai untuk menggambarkan kondisi di mana AI menarget seorang hero. AI ini bisa berupa minion, monster dan turret. Untuk melepaskan diri dari aggro kamu harus menjauh dari jangkauan jarak serang obyek yang menyerangmu.

Airborne: Airborne adalah kondisi di mana hero kamu terlempar ke udara dan tidak bisa dikendalikan selama beberapa saat.

AoE : Area of Effect merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah skill yang memiliki target lebih dari satu di sebuah area tertentu.

Armor: Digunakan untuk menghitung pertahanan yang dihasilkan dari status, skill maupun gear yang dimiliki seorang hero.

Armor Penetration: Armor penetration adalah satuan yang digunakan untuk menghitung kemampuan sebuah serangan menembus armor yang dimiliki musuh.

Assassin: Hero dengan kelas assassin biasanya memiliki kemampuan untuk memberikan damage sangat besar dan bisa masuk dan keluar dari team fight dengan mudah. Biasanya para assassin memiliki durability yang rendah sebagai kelemahannya.

Attack Speed: Satuan yang digunakan untuk menghitung kecepatan serangan normal seorang hero.

B
Bait: Upaya memancing lawan untuk melakukan sebuah aksi atau bergerak ke posisi yang kamu inginkan. Contoh: kamu bisa membuat musuh mengejarmu padahal kamu sudah melakukan proxy pada musuh tersebut.

Basic Attack: Serangan dasar yang dimiliki setiap hero. Perhitungan serangan ini berasal dari status Physical Attack seorang hero.

Blind: Status buruk yang menyebabkan semua serangan miss atau gagal mengenai target. Miss terjadi pada serangan ke target tapi animasi serangan tetap berjalan.

Bot: Merupakan kependekan dari bottom lane, alias lane yang berada di paling bawah dari peta.

Buff: Tambahan status yang didapat dari skill ataupun monster yang ada di jungle.

Burst: Output damage yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat.

Bush/Brush: Rumput tinggi yang bisa digunakan untuk sembunyi di peta.

C
Care: Care digunakan untuk memberitahu kalau kamu harus berhati-hati terhadap sebuah kondisi. Contoh: care mid lane.

CC/Crowd Control: Skill yang dapat memberikan status tertentu pada musuh sehingga membatasi gerak mereka. Efek tersebut bisa saja berupa stun, silence, airborne, konck back, pull dan banyak lainnya.

CD/Cooldown: Waktu tunggu yang dibutuhkan sebuah skill sebelum akhirnya bisa digunakan kembali.

CDR/Cooldown Reduction: Pengurangan waktu cooldown karena skill maupun gear.

Crab/Treasure Crab: Monster yang ada di dekat top dan bottom lane. Monster ini akan memberikan tambahan gold sebanyak 10 gold setiap 2 detik, selama 30 detik.

Critical: Serangan yang memiliki nilai 200 persen. Status critical bisa ditingkatkan dengan membeli gear yang memiliki status peningkatan critical. Sementara itu status critical bisa dikurangi dengan gear yang memiliki critical chance rate reduction.

D
Debuff: Status buruk yang mempengaruhi hero kamu atau temanmu.

Dive: Dive adalah upaya untuk menyerang musuh yang berada di zona aman mereka, seperti misalnya musuh yang berada di dekat turret mereka.

DPS: Merupakan kependekan dari damage per second. Damage yang bisa dihasilkan oleh seorang hero di setiap detiknya. Para hero yang memiliki kecepatan serang sangat tinggi disebut juga sebagai DPS.

E
Exchange: Proses saling bertukar serangan dengan musuh saat lane maupun saat team fight. Exchange ini bisa jadi baik maupun buruk. Exchange baik terjadi saat musuh menerima damage lebih banyak dan sebaliknya.

F
Farm: Proses membunuh minion atau monster yang ada di jungle untuk mendapatkan gold.

Feed/Feeder
Feed atau well feed adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan satu hero yang memperoleh kill paling banyak. Sementara feeder adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan seorang anggota tim yang mati terus-menerus sehingga memberi gold dan experience yang banyak bagi musuh.

Fighter: Hero dengan kelas fighter memiliki serangan melee dengan DPS yang lumayan tinggi tetapi HP-nya tidak selembek assassin. Mereka biasanya memiliki status di tengah-tengah dan cukup all rounder.

G
Gank: Menyerang musuh yang terisolasi secara sengaja maupun tidak sengaja secara beramai-ramai. Biasanya proses gank berlangsung dengan sangat cepat dan penuh kejutan.

Gear: Gear adalah istilah yang digunakan Mobile Legends sebagai pengganti istilah equipment atau item.

GG: Singkatan dari good game yang melambangkan sikap sportif. Terkadang GG juga digunakan sebagai penanda permainan sudah berakhir.

H
Harrass: Menyerang lawan saat melakukan laning hingga akhirnya lawan harus mundur untuk menyembuhkan diri atau bertahan di dekat turret. Proses ini menyebabkan mereka ketinggalan level atau kesulitan dalam mengumpulkan gold.

HP: Kapasitas durability yang dimiliki seorang hero. Bila HP menyentuh angka nol, maka hero tersebut kehilangan nyawanya.

HP Regen: Nilai regenerasi HP yang dimiliki seorang hero. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat juga HP kamu pulih.

I
Initiate: Orang yang pertama maju atau yang memulai sebuah team fight (inisiasi).

K
Kiting: Proses menyerang musuh yang kemudian menghindar dari musuh tersebut demi menghindari damage atau serangan balasan.

KDA: Merupakan singkatan kill, death, dan assist.

KS: Merupakan kependekan dari kill steal atau mencuri kill dari rekan satu tim.

L
Leash: Membuat monster atau minion sekarat sehingga mudah dihabisi oleh carry.

Lifesteal: Kemampuan mengembalikan beberapa persen HP yang biasanya berasal dari basic attack. Status life steal bisa didapatkan dari skill maupun gear.

Lord: Monster netral terkuat yang ada di bagian kanan atau kiri sungai (acak). Begitu kamu berhasil mengalahkan Lord, dia akan akan muncul dan membantumu di lane yang terlemah selama satu wave. Minion yang muncul bersama Lords mendapatkan buff Super Minion.

M
Mage : Kelas pengguna magic di Mobile Legends. Biasanya mereka memiliki burst damage yang sangat besar, tetapi HP-nya sangat kecil.

Magic Attack: Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. Perhitungan Magic Attack didasari status Magic Power seorang hero

Magic Damage Reduction/Magic Resistance: Pengurangan kekuatan serangan magic berdasarkan presentasi. Magic damage reduction biasanya didapatkan melalui gear atau skill.

Magic Penetration: Pengurangan daya tahan terhadap Magic Damage berdasarkan value yang ditunjukkan.

Magic Power: Kekuatan magic seorang hero.

Mana: Kapasitas magic seorang hero. Mana digunakan juga sebagai satuan yang dibutuhkan untuk mengeluarkan skill. Beberapa hero tidak memiliki mana, sebagai gantinya mereka menggunakan unit lain dengan nama dan fungsi spesifik.

Mana Regen: Nilai pemulihan mana yang dimiliki oleh seorang hero.

Mid: Lane yang ada di tengah.

Minion: Unit yang muncul secara otomatis dan berperang di setiap lane yang disediakan. Mereka bergerak dan beraksi secara otomatis dan selalu menarget musuh yang ada di dekatnya tanpa prioritas.

Monster: Sebutan bagi para monster yang berada di jungle (hutan).

Movement Speed: Satuan yang menunjukkan kecepatan gerak seorang hero. Semakin tinggi angka movement speed semakin cepat hero tersebut bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

N
Normal Monster: Salah satu tipe monster yang ada di jungle. Para normal monster ini hanya akan memberikan gold, experience, dan regenerasi HP atau mana.

P
Passive: Passive di Mobile Legends bisa merujuk pada status Passive yang ada di Gear atau skill pasif yang dimiliki seorang hero.

Physical Attack: Satuan yang menunjukkan seberapa kuat Physical Damage yang dihasilkan seorang hero.

Physical Damage: Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. Perhitungan Physical Damage didasari status Physical Attack seorang hero.

Physical Damage Reduction: Pengurangan Physical Damage terhadap sebuah target berdasarkan value yang ditunjukkan.

Physical Penetration: Pengurangan daya tahan terhadap Physical Damage berdasarkan value yang ditunjukkan.

Push: Upaya untuk mendorong satu lane atau lebih, agar bisa menjangkau dan menghancurkan obyektif.

R
Reaper: Salah satu monster yang ada di hutan. Monster ini akan memberikan gold, experience dan regenerasi mana.

Resilience: Satuan yang menunjukkan seberapa cepat efek debuff hilang dari seorang hero.

Rank: Satuan yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang di Mobile Legends. Saat ini ada enam tier yang dimiliki Mobile Legends, mereka adalah Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend dan Glorious Legend.

Ranked: Mode yang harus dimainkan untuk mendapatkan nilai rank di Mobile Legends.

S
Scaling: Peningkatan relatif pada kekuatan hero saat mereka naik level dan mendapatkan Gear bila dibandingkan hero lainnya.

Silence: Salah satu debuff di Mobile Legends. Hero yang terkena silence tidak bisa mengeluarkan skill selama beberapa saat.

Slow: Salah satu debuff di Mobile Legends. Hero yang terkena slow kecepatan bergeraknya akan melambat.

Spell Vamp: Kemampuan unik yang akan mengubah damage yang dihasilkan oleh skill menjadi HP.

Spinner: Salah satu monster yang ada di hutan. Monster ini akan memberikan gold, experience dan buff tambahan.

Stack: Istilah yang merujuk pada penumpukan efek karena skill tertentu.

Stun: Salah satu debuff di Mobile Legends. Hero yang terkena stun akan berhenti bergerak selama beberapa saat. Terkadang stuntidak bisa membatalkan channeling skill.

Support:
Hero dengan kelas support biasanya memiliki skill yang bisa membantu rekan satu tim untuk bertahan selama mungkin di dalam permainan. Baik saat laning, gank maupun team fight.

T
Tank: Hero dengan kelas tank biasanya memiliki HP yang tebal, armor super keras atau keduanya sehingga bisa bertahan lebih lama di team fight untuk melindungi rekan satu tim atau menerima damage sebanyak-banyaknya.

Tier: Indikator kemampuan bermain seorang pemain Mobile Legends. Tier bisa dilihat pada bagian Rank.

Top: Lane yang berada di posisi paling atas dari peta.

True Damage: Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. True Damage tidak bisa ditahan oleh apapun sehingga angka yang tertera di status akan sama dengan angka yang muncul di dalam game.

Turret: Sebuah bangunan atau obyektif yang bisa menyerang musuh secara otomatis selama berada di dalam jangkauannya. Turret ini memiliki tipe serangan True Damage dan damagenya akan meningkat bila menyerang satu target terus-menerus.
Armor dan damage turret akan menurun bila ada minion musuh di dekatnya.

Turret Hug: Aksi untuk berada di dalam jangkauan turret sendiri terus menerus, demi mencegah hero musuh menyerang kamu.

Turtle: Monster besar yang muncul sebelum Lord. Turtle akan memberikan gold dan experience dalam jumlah besar bagi tim yang berhasil membunuhnya.

U
Ultimate: Skill pamungkas yang dimiliki seorang hero. Biasanya skill ini sangat kuat sehingga memiliki mana cost yang besar dan cooldown yang lama.

Unique: Unique adalah status tambahan yang ada pada sebuah gear. Status ini bisa distack dan akan selalu keluar setiap saat tanpa ada syarat tertentu.

Unique Passive: Unique Passive adalah status tambahan yang ada pada sebuah gear. Bedanya dengan Unique, status ini tidak bisa distack dan membutuhkan syarat tertentu untuk aktif.
Sumber: https://metaco.gg/mobile-legends/istilah-istilah-penting-di-mobile-legends/

Loading...

0 Response to "Arti Istilah Istilah dalam Mobile Legends"

Post a Comment