Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Retur Barang dari Bukalapak

cara retur barang bukalapak

Ketika terjadi transaksi online memang kita tak bisa sepenuhnya 100% memastikan bahwasanya barang yang diinginkan sesuai dengan harapan dan promosi si penjual. Banyak faktor yang menjadikan hati sang pembeli kecewa. Sebut saja barang rusak. Atau andaikan membeli sepatu, bisa jadi ukuran sepatu kiri dan kanan tidak sama.

Jual beli online sepenuhnya tidak mengingkan ini terjadi. Namun, pabila hal sejenis ini terjadi, bisa dicarikan solusi yaitunya dengan retur. Sederhananya mengenai apa itu retur adalah pengembalian barang.

Khusus untuk marketplace bukalapak.com, ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai retur barang ini.

  1. Ongkos Kirim barang (ongkir). Pada proses retur barang di bukalapak, ongkir barang ditanggung oleh pengirim barang. Jika anda sebagai pembeli dan ingin melakukan retur barang, maka anda yang menanggung ongkir barang tersebut.
  2. Bila penjual (disebut juga dengan pelapak) tak merespon dalam waktu 3x24 jam terhitung komplain diajukan maka pembeli akan diberikan peringatan untuk mengembalikan barang ke Bukalapak. Sementara, uang akan dikembalikan pada bukadompet.
  3. Bila alamat penjual tidak jelas, anda bisa menghubunginya pada kolom Diskusi Komplain Barang. Bila tak ada respon silahkan panggil Admin, admin dari pihak Bukalapak akan bantu anda.
  4. Uang akan sampai pada rekening virtual bukadompet saat barang telah sampai pada admin bukalapak. Syaratnya tentu saja barang sesuai dengan keluhan pembeli.
Ketika ingin melakukan retur perlu sekali diperhatikan bahwasanya komplain harus dilakukan pada Diskusi Komplain Barang. Ini bertujuan agar admin dari bukalapak bisa memantau, menengahi komplain barang.

Nah sekarang, jika sudah memahami syarat dan ketentuan retur barang di bukalapak, langkah untuk retur barang di bukalapak,
  1. Komplain retur barang bisa dilakukan hanya dalam waktu 2x24 jam setelah barang dinyatakan diterima.
  2. Masuklah pada akun bukalapak anda lalu lihat menu Transaksi. Klik bagian Lihat Semua Transaksi. Anda akan melihat tab Pembelian. Berikut terdapat riwayat transaksi anda. Klik transaksi yang ingin anda komplain atau retur tersebut.
  3. Jika anda Quick buyer atau pembeli yang tidak terdaftar sebagai member bukalapak, cek kembali email detail Tagihan. Anda akan melihat Daftar Transaksi. Berikut juga dengan riwayat pembelian anda.
  4. Silakan pada detail transaksi di pilih  Barang Sudah Terima tapi Ingin Komplain. Dilanjutkan dengan Ya, Saya Ingin Komplain.
  5. Anda bisa memilih penyelesaian yang anda inginkan. Beberapa pilihan yang bisa anda ambil di antaranya Refund uang, Penambahana  Barang dan Penukaran Barang.
  6. Upload foto barang yang anda terima, dan lanjutkan dengan Kirim Komplain.
  7. Akan muncul halaman diskusi Komplain, anda bisa berikan penjelasan di Diskusi Komplain Barang dan Kirim pesan.
  8. Jika mengalami kebuntuan penyelesaian dengan penjual, anda bisa Panggil Admin. Admin dari bukalapak akan membantu penyelesaian permasalahan.
Mengenai solusi penyelesaian tersebut disebutkan di atas ada 3 kemungkinan.

Refund Uang di Bukalapak

Anda bisa mengirimkan barang kembali ke alamat yang telah disepakati pada diskusi komplain di atas. Kemudian klik Konfirmasi terima barang dan lanjutkan dengan menginput nomor resi pengiriman barang retur.

Bila penjual telah mengkonfirmasi penerimaan barang, maka uang akan dikirim oleh pihak bukalapak ke rekening Bukadompet atau transfer ke rekening anda (untuk pembeli Quick Buyer).

Penggantian/Penukaran Barang di Bukalapak

Langkahnya hampir sama dengan pengembalian uang di bukalapak. Hanya saja, ketika barang telah dikonfirmasi terima oleh penjual, maka barang baru akan dikirimkan ke anda.

Hal serupa juga berlaku untuk komplain penambahan barang. Ikuti langkah di atas. Anda bisa berikutnya meminta penambahan barang dari penjual.

Loading...

0 Response to "Cara Retur Barang dari Bukalapak"

Post a Comment