Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Struktur Organisasi Polri dari Mabes Polri sampai Polsek

struktur organisasi polri
Polri (singkatan dari Polisi Republik Indonesia merupakan pelaksana tugas keamanan dalam negeri. Pada hirearki organisasi ini tersusun dari tingkat paling besar dan paling kecil. Pembagian tingkatan dalam struktur organisasi ini berdasarkan daerah yang dipertanggung jawabkannya. Lebih rinci berikut struktur organisasi Polri tersebut.

Markas Besar (Mabes)

Satuan Mabes ini dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kapolri ini akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kapolri ini akan dijabat oleh anggota kepolisian yang berpangkat Jenderal Polisi.

Pada pelaksanaan tugasnya, Kapolri ini akan membawahi beberapa struktur di bawahnya hingga. Bagan struktur tersebut bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.
struktur organisasi polda

Kepolisan Daerah (Polda)

Polda adalah penyelenggara tugas Polisi pada tingkat ke wilayahan provinsi. Biasanya ini akan dipimpim oleh Kapolda. Satuan ini akan bertanggung jawab dalam tugasnya meliputi wilayah propinsi. Untuk satu propinsi akan terdapat sebuah Polda.

Untuk Polda ini dikenal 3 tipe.
  1. Tipe A-K, Maksudnya adalah polda tipe A khusus. Saat ini barut terdapat satu Polda dengan tipe ini yaitu Polda Metro Jaya (wilayah Jakarta). Pemimpin Polda tipe ini adalah perwira tinggi dengan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen).
  2. Tipe A, Hampir sama dengan Polda tipe A-K. Satuan ini dipimpin seorang Inspektur Jenderal (Irjen).
  3. Tipe B, Satuan pemimpin Polda tipe B ini adalah Brigadir Jenderal Polisi adalah Brigjen.

Kepolisian Resort (Polres)

Polres Ini akan bertugas dalam lingkup wilayah Kabupaten/Kota. Pada kota-kota besar biasanya akan ditambahi embel-embel nama Kepolisian Resor Kota Besar.

Pemimpin Polres ini adalah seorang Komisaris Besar Polisi (kombes). Namun untuk Polres biasa (bukan Polrestabes) bisa dipimpin Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Kepolisian Sektor

Disingkat Polsek. Memiliki tanggung jawab dalam lingkup daerah tingkat kecamatan. Dalam kepemimpinan Polres ini ada beberapa kriteria,
  1. Khusus di bawah Polda Metro Jaya akan dipimpin AKBP
  2. Khusus daerah urban dipimpim Kompol (Komisaris Polisi)
  3. Untuk daerah lainnya biasa dipimpin AKP. 
(Referensi www.polri.go.id)

Loading...

0 Response to "Struktur Organisasi Polri dari Mabes Polri sampai Polsek"

Post a Comment