Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Operator Penting Untuk Mempermudah Pencarian di Google

Ketika anda melakukan pencarian sesuatu di mesin pencari Google, terkadang cukup membuat anda sebal. Banyak artikel yang memuat kata kunci yang anda cari tetapi kadang tidak terlalu terkait. Pencarian yang anda lakukan jadinya mengambang.

Untuk mengkereucutkan apa yang anda cari di google, sebaiknya anda gunakan beberapa operator 'atau tanda khusus ketika melakukan pencarian di halaman google. Manfaatnya tentu saja, pencarian yang akan anda lakukan akan lebih tepat sasaran.

Berikut cara googling yang efektif dan efisien dan hemat waktu. Kita bagi dalam dua kasus, kasus pencarian Artikel dan kasus pencarian file.

Mencari File tipe tertentu dengan Efektif di Google

Tips ini akan berguna ketika anda ingin mencari file dengan tipe tertentu di google. Misalkan mencari Pdf, Power poin (pptx) atau dalam bentuk word (.docx). Beberapa operator yang akan membantu anda antara lain,

filetype:(ekstensifile)
Anda ingin mencari misalkan power point biologi tentang reproduksi manusia di Google. Maka anda harus ketikkan filetype:pptx biologi.

intitle:(judul)
Ini membantu anda akan mencari file dengan judul tertentu pada google. Contohnya intitle:reproduksi.

*kata
tanda bintang akan membantu anda untuk menganti kata tersebut dengan hal sejenis. Maksudnya ketika anda ketikkan *manusia , maka otomatis juga ditampilkan *hewan *tumbuhan.

Jadi bila anda ingin mencari powerpoint biologi tentang reproduksi manusia anda bisa mengetikkan:
filetype:pptx biologi intitle:reproduksi *manusia.
Hasil Pencarian

Mencari Artikel dengan Efektif di Google

Misalkan anda akan mencari artikel  tentang " Data Ekspor Logam di Indonesia tapi tidak mau menampilkan Logam Perak pada tahun 2013 sampai 2016. Data ingin dicari di situs exportaje.com"

Lalu bagaimana cara mengetik di kolom pencarian google agar lebih hemat waktu? Anda bisa gunakan beberapa operator atau tanda khusus berikut ini.

site:(namasitus).com
Ini bisa anda gunakan jika ingin mencari artikel khusus di website tertentu. Dalam kasus ini anda bisa ketik site:exportaje.com.

~(kata)
Ini akan membantu mencari kata yang terkait dengan kata yang diikuti tanda ~. Contohnya ~Indonesia, akan memberikan data terkait dengan Indonesia.

"(kata kata)"
Tanda kutip ini akan berguna ketika anda mencari pharase. Jadi google akan mencari kata yang berada dalam phrase tersebut. Contoh "data ekspor", yang akan ditampilkan semua yang memuat kata "data ekspor". Ini akan lebih membantu anda, sebab kata data saja atau ekspor saja akan terfilter.

- (kata)
Kata yang ingin tidak ditampilkan. Dalam hal ini anda bisa mengetik kata -Perak. Sebab anda tidak mau menampilkan hasil perak.

tahun**tahun
Ini akan membantu google menampilkan artikel terkait pada tahun yang dipisahkan oleh tanda dua bintang tersebut. Pada kasus ini anda bisa ketik 2013**2016.

Loading...

1 Response to "Operator Penting Untuk Mempermudah Pencarian di Google"