Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Proses Pembuatan Cincin Berlian

Memiliki cincin berlian yang berkilau adalah prestise yang tersendiri bagi pemakainya. Tapi tahukah kamu baik yang sudah memiliki atau akan memiliki cincin berlian bagaimanaca cara pembuatan cincin berlian?

Cara pembuatan cincin berlian tersebut memiliki beberapa proses. Berikut proses pembuatan cincin berlian secara singkat.

#1. Pembuatan Badan Cincin
Yang pertama kali dibuat adalah badan cincin. Badan cincin ini dibuat dari logam seperti platina atau emas putik 18 karat. Logam tersebut dibuat melingkat sehingga membentuk lingkaran dengan ukuran tertentu.

#2. Penyambungan Lingkaran
Kemudian saat melingkarkan batangan logam bagian tersebut disambung dengan solder. Bahan untuk solder tersebut tentu menggunakan logam yang sejenis dengan bagian badan cincin. Tujuannya agar menyatu dan menyamarkan bagian yang tersambung.

Sebelumnya, bagian ujung yang disolder akan diberi sejenis pasta. Tujuannya agar ketika di solder dengan suhu tinggi tidak meninggalkan bekas hitam. Setelah disolder, cincin dimasukkan dalam laruran asam agar bagian yang disolder lebih bersih.

#3. Pembuatan Lingkaran Setting Halo
Pembuatan setting Halo ini agak berbeda antara satu cincin dengan cincing lain, bergantung pada jenis cincin yang diinginkan. Pada umumnya ini dibuat dengan logam sejenis dengan bagian badan cincin.
Halo ini akan dipasang pada bagian badan cincin kemudian ditempelkan dengan menggunakan solder.

#4. Pembuatan Setting Berlian
Pada umumnya menggunakan paltina. Lingkaran akan dibentuk dan diposisikan pada cetakan dengan bentuk setengah bola. Lalu ini ditempelkan pada bagian badan cincin.

Pemasangan ini mengunakan pasak agar terikat kuat. Setelah dimasukkan pasaknya, baru dilekatkan dengan solder. Agar lebih mulus, maka cincin dipoles.

#5. Memasang Berlian ke Cincin
Pada tahap ini batu berlian akan diletakkan pada cincin. Berlian akan diletakkan pada tatakan dan dijepit denga pengait di bagian pinggir tatakan tersebut. Baca juga: Cara Membedakan Berlian Asli dan Berlian Palsu

#6. Pemolesan Cincin
Setelah pemasangan batu berlian, berikutnya cincin direndam dengan air panas. Setelah itu akan dipoles dengan bahan seperti emas putih. Ditambahkan juga Rhodium agar tampak lebih mengkilat. Agar lebih jelas, bisa ditonton video pembuatan berlian di bawah ini.


Loading...

0 Response to "Proses Pembuatan Cincin Berlian"

Post a Comment