Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Membedakan Mutiara Asli dan Mutiara Palsu

Mutiara sudah dikenal baik sebagai perhiasan dengan harga yang lumayan mahal. Sebab, dengan memakai mutiara ini akan mempertontonkan kesan dan glamour dan elegant. Kalau Anda tertarik untuk mengkoleksi perhiasan dari mutiara, anda harus tahu dulu beda mutiara asli dan mutiara sintesik atau mutiara buatan.

Cara membedakan mutiara asli dan buatan ini cukup mudah. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,

- Bentuk Mutiara
Mutiara alami sebenarnya tidak berbentuk bulat sempurna. Jika-pun ada ditemukan yang bulat sempurna sudah barang pasti ini harga mutiara sangat mahal sekali. Biasanya, mutiara palsu atau mutiara buatan akan terlihat bulat dan lebih rapi disebabkan karena dibuat dengan mesin.

- Tekstur Mutiara
Berikutnya adan bisa lihat tekstur. Mutiara asli, tekstur yang dimilikinya tidak terlalu halus. Jika digunakan lup untuk melihat akan terlihat seperti sidik jari. Lebih sederhananya, anda coba mengosokkan 2 buah mutiara. Anda akan dapat rasakan kasar dan tidak ratanya mutiara yang asli. Jika mutiara terlalu licin, bisa dipastikan itu bukanlah mutiara asli.

Dingin Saat Disentuh

Cobalah tempelkan mutiara tersebut ke atas hidung atau ke bagian pipi Anda. Mutiara asli akan menghasilkan sensasi dingin. Jika mutiara tersebut adalah mutiara buatan, lupakan membeli mutiara tersebut.

- Warna Mutiara
Pada mutiara asli ada warna mutiara dan ada warna nuansa. Warna asli biasanya berwarna pink, peach, kuning, putih gading dan hitam. Jika diberikan cahaya akan ada lapisan warna disekiling mutiara. Pada mutiara buatan, warna akan terlihat rata antara warna mutiara dan warna nuansa.

- Pantulan Cahaya
Dengan kondisi cahaya yang sempurna, mutiara asli akan memantulkan ahaya dengan baik dan berkilau. Coba perhatikan batu akik, anda akan melihat bayangan anda pada batu tersebut, demikian pulalah halnya mutiara tersebut.

- Bunyi
Guncangkan beberapa butir mutiara. Mutiara asli bunyinya akan lebih teredam dan lembut. Jika bunyi terlalu keras dan nyaring itu tanda-tanda mutiara palsu atau mutiara buatan.

- Teliti Lubang Pengeboran
Pada mutiara asli, pada lubang bor tak akan ditemukan kelupasan cat. Biasanya, para pembuat mutiara palsu agak melupakan hal ini. Terdapat serat cat sebagai pewarna mutiara pada lubang bor. Karena mutiara asli tidak menggunakan cat sebagai pewarna, bisa dipastikan lubang akan bersih dan tak memiliki kelupasan cat.

Agar lebih aman dan terhindar dari penipuan, ada beberapa tips untuk membeli mutiara asli.
  1. + Hindari nama nama mutiara yang kesannya unik. Sebut saja seperti Mutiara Mallorca, mutiara Bohemian dll.
  2. + Rasionalitas harga, jangan mudah dibujuk diskon dan harga murah. Apalagi ada istilah cuci gudang.
  3. + Beli mutiara di toko perhiasan yang terpercaya. Misalnya mutiara The Goldsmith di indonesia.

Loading...

0 Response to "Cara Membedakan Mutiara Asli dan Mutiara Palsu"

Post a Comment