Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Beda Emas 14K, 18K dan Platina untuk Cincin Berlian

Sebagai cincin tunangan atau untuk pernikahan biasanya akan digunakan cincin dengan bahan dasar emas, emas putih atau platina. Lalu akan menimbulkan pertanyaan bagusan mana emas 14K, emas 18K atau platina untuk dipasangkan berlian?

Untuk pertimbangan bagi kamu yang memiliki keraguan dalam memilih bahan pengikat untuk cincin berlian berikut hal yang menjadi patokan sesuai kebutuhan kamu.

Segi Warna

Untuk platina dan emas putih akan menghasilkan warna dengan warna putih. Kesannya agak mengkilat dengan permukaan licin. Ini karena telah ditambahkan Rhodium pada saat penyepuhan cincin tersebut.

Emas putih juga dicampur dengan seng, Paladium dan tembaga agar tekstur lebih kuat. Jika campuran lebih banyak dari emas putihnya, akan menhasilkan warna abu-abu. Bisa saja jika Rhodium terkikis, cincin akan tampak lebih kusam.

Untuk platina, warna putihnya murni. Tidak ditambahkan Rhodium saat penyepuhan. Jika cincin digunakan setiap hari, akan lebih baik memilih bahan ini. Meskipun begitu, cincin juga bisa menjadi kusam, namun untuk menghilangkan kusam akan lebih mudah dibanding dengan emas.

Segi Kadar

Untuk kemurnian, telah disinggung di atas. Platina akan lebih murni dibanding emas 14K dan 18K. Platina yang digunakan biasanya memiliki tingkat kemurnian 90%.

Dibandingkan dengan emas 18K dan 14K tingkat kemurniannya adalah dibawah 75%. Sisanya campuran logam Paladium, tembaga dan Zinc.

Segi Berat

Dari tampilan, memang platina dan emas putih bisa dibilang sama. Namun bagi pemakai akan sedikit merasakan perbedaan berat.

Cincin dengan bahan dasar platina biasanya terasa lebih berat dibaanding dengan emas. Untuk hal ini bergantung selera yang kamu miliki.

Ongkos Pembuatan

Sebagai informasi, Platina akan lebih susah dicari dibanding emas pada pertambangan. Untuk itu, cincin dengan bahan Platina butuh biaya besar mulai dari proses pencarian hingga pembuatan jika dibandingkan dengan emas putih.

Jadi, ongkos pembuatan cincin dari platina akan lebih mahal jika dibanding dengan cincin dari emas putih. Perbandingan harganya hampir 2kali lipat. Silakan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Ketahanan

Platina bersifat lunak. Ketika berbenturan, maka akan ada kemungkinan penyok tetapi sedikit kemungkinan akan patah atau ter-cuil.

Berbeda dengan emas putih. Sifatnya lebih keras, memang lebih unggul dan tahan terhadap goresan, tetapi bila berbenturan kemungkinan patah dan tercuil lebih besar. Baca juga: Cara Menilai Kualitas Berlian Berdasarkan Color (Warna)

Lebih lanjut, bisa diperhatikan beberapa keunggulan dan kekurangan cincin platina dibanding cincin dari emas berikut,
Emas 14K/18K
Platina
Kilatnya lebih baik
Lebih terlihat Buram
Keras
Lunak
Bisa berubah warna jika digunakan setiap hari
Warna lebih tahan lama
Sedikit Kemungkinan menimbulkan alergi
Kemungkinan alergi pemakai lebih besar
Lebih ringan
Lebih berat

Loading...

0 Response to "Beda Emas 14K, 18K dan Platina untuk Cincin Berlian"

Post a Comment