Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Jenis Jenis Logam Mulia (Emas) yang Harus Diketahui sebelum Berinvestasi

macam macam emas, jenis jenis emas
Logam mulia atau emas yang lebih akrab ditelinga kita merupakan produk dengan tingkat ketertarikan yang sangat tinggi bagi konsumen. Apalagi jika perhiasan dengan emas. Hmm, tapi tak sekedar berhias, emas juga menjadi salah satu opsi untuk berinvestasi. Dengan nilai jual yang relatif stabil, bisa dibilang ini emas adalah ‘tabungan’ paling aman dari bahaya inflasi.

Jika Anda ingin membeli emas, ada beberapa hal tentang jenis jenis emas yang harus Anda ketahui.

Jenis Emas Berdasarkan Warna

Emas memang akrab dengan warna kuning atau yang disebut dengan gold. Istilah yang sering digunakan-pun ‘kuning emas”.

Pada dasarnya, emas ini tidak selalu berwarna kuning. Ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna rose-gold. Warna pada emas tersebut menunjukkan kandungan kadar emas tersebut.

Emas Kuning, emas alami yang berkilau. Memang tidak ada emas yang 100%. Biasanya digunakan campuran lain seperti tembaga dan perak dengan tujuan agar struktur emas tersebut lebih kuat. Apalagi itu untuk emas perhiasan.

Emas Putih, Emas ini dibuat dengan campuran mangan, tembaga, seng dan nikel. Emas tersebut ditambahkan lapisan Rhodium agar lebih berkilau dan cerah. Sering juga digunakan untuk perhiasan.

Rose Gold, warna emas ini agak berwarna Pink. Digunakan untuk perhiasan. Emas Rose Gold ini dibuat dengan campuran tembaga.

Jenis Emas Berdasarkan Kemurnian

Kemurnian emas diukur dengan satuan karat. Emas paling murni kita kenal memiliki kandungan 24 karat. Emas dalam Standar SNI ( nomor 13-3487-2005) dijelaskan kadar emas dan hubungannya dengan kemurniannya sebagai berikut,
  1. 24 K = 99,00 – 99,99%
  2. 23 K = 94,80 – 98,89%
  3. 22 K = 90,60 – 94,79%
  4. 21 K = 86,50 – 90,59%
  5. 20 K = 82,30 – 86,49%
  6. 19 K = 78,20 – 82,29%
  7. 18 K = 75,40 – 78,19%
TIPS Menguji Keaslian dan Kemurnian Emas: Untuk Mengetahui Kemurnian emas bisa digunakan HNO3 dan Asam Klorida. Campuran ini disebut air raja atau akua regia. Gosoklah pada perhiasan emas. Semakin tidak memudar emas yang digosokkan berarti emas tersebut semakin bagus dan kandungan emasnya semakin tinggi secara kadar. Untuk pengujian yang lebih canggih bisa digunakan gold testes. Namun alat ini tentu agak sulit ditemukan, palingan tersedia ditokoh emas.
Lalu apa artinya emas 24 karat, 22 karat dan lainnya. Arti karat pada emas adalah, misalkan Saya memiliki emas 4,25 gram. Emas tersebut diketahui 22 karat. Artinya dalam emas saya tersebut terdapat:

22/24 x4,25gram=3,9 gram. Dalam emas saya tersebut terdapat 3,9 gram yang benar benar emas. Sementara sisanya adalah campuran logam lain.

Berat dan Ukuran Emas

Satuan dalam jual beli emas agak berbeda di beberapa negara. Di Indonesia, emas diperjual belikan biasanya dalam satuan gram. Sementara di Amerika emas diperjual belikan dengan satuan oz (troy Ounce). Bahkan, di Sumatera Barat, emas di perjual belikan dengan satuan “emas”.
1oz =31,1034768 gram (atau 31,1 gram)
1 emas = 2,5 gram.
Di Indonesia, khusus untuk investasi, masyarakat bisa membeli emas batangan. Produsen emas batangan tersebut antara lain emas Antam, emas UBS dan emas Halim King. Berikutnya silahkan baca juga:

Loading...

0 Response to "Jenis Jenis Logam Mulia (Emas) yang Harus Diketahui sebelum Berinvestasi"

Post a Comment