Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Bentuk Bentuk Pemotongan (Cut) Berlian

Saat membeli berlian, bentuk berlian adalah salah satu hal yang menjadi penentu keputusan konsumen untuk membeli atau tidak. Bentuk berlian juga akan mempengaruhi keindahan serta harga berlian tersebut.Bentuk berlian yang paling terkenal adalah Brilliance Round Cut. Selain itu ada beberapa bentuk bentuk berlian lainnya,

1 #Round Shape Cut (Bentuk Bulat)
Bentuk berlian ini terbilang banyak disukai. Round Cut ini menghasilkan kilau yang sempurna dibanding bentuk potongan berlian lain. Bila dibandingkan dua berlian dengan grade/kualitas yang sama, maka nilai / harga berlian dengan Round Shape Cut ini lebih mahal.

2 #Princess Shape Cut (Bentuk Princess)
Bentuk berlian ini seperti kotak. Tiap pinggir memiliki potongan sudut siku-siku. Awalnya potongan ini diperkenalkan tahun 1980 di US. Terdapat dua jenis potongan berlian Shape Cut ini, bentu persegi dan persegi panjang. Namun, bentuk persegi memiliki harga yang lebih mahal.

3 #Asscher Cut Shape (bentuk Asscher)
Pemotongan berlian Asscher ini dikenalkan oleh Joseph Asscher pada tahun 1902. Pemotongan ini meniru pemotongan batu emerald. Tampilan potongan berlian ini terkesan klasik.

4 #Radiant Cut Shape (Bentuk Radian)
Mulai diperkenal tahun 1990. Jenis pemotongan berlian ini menggabungkan antara Round Cut dan Asscher Cut.

5 #Cushion Cut Shape (Bentuk Cushion)
Pemotongan jenis ini sudah dikenal sejak lama, sekitar tahun 1800-an. Bagian sudut sisi agak bulat. Hampir sama dengan round cut, hanya saja lebih terkesan vintage.


6 #Emerald Shape Cut (bentuk Emerald)
Rata rata bentuknya persegi panjang. Bagian sudut dibulatkan dan dipotong bertingkat pada pemukaan. Biasanya pemotongan ini dilakukan pada berlian yang clarity-nya tinggi.

7 #Marquiese Cut Shape (Bentuk Marquise)
Awalnya pemotongan berlian ini spesial untuk Raja Louis XIV, France. Nama Marquise de Pompadour diambil dari nama selir sang Raja yang memiliki senyum menarik. Louis menginginkan sebuah potongan berlian serupa senyum tersebut. Bentuk potongan berlian ini memanjang dengan ujung yang runcing.

8 #Oval Cut Shape (bentuk Oval)
Hampir sama dengan Round Cut, hanya bagian ujung agak berkutub atau memanjang. Kesan berlian dengan pemotongan ini agak besar. Namun dari segi kemilai hampir sama saja dengan round cut.

9 #Pear Cut Shape (bentuk Pear)
Potongan berlian ini seperti buah pear atau seperti gambar tetesan air. Jenis pemotongan berlian ini adalah perpaduan round cut dan Marquise Cut.

10 #Heart Cut Shape (bentuk Hati)
Tampilan bentuk potongan berlian heart shape ini seperti gambar hati. Ini adalah salah satu potongan favorit konsumen berlian. Namun, pemotongan berlian ini sungguh sukar sekali, karena harus teliti dan terampil. Tak perlu heran jika harga berlian dengan potongan hati ini sedikit lebih mahal dibanding potongan lain dengan asumsi – jenis dan kualitas berlian sama. Baca juga: Daftar Negara Penghasil Berlian Warna di Dunia

Loading...

0 Response to "Bentuk Bentuk Pemotongan (Cut) Berlian"

Post a Comment