Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Beda Bakso dari Daging Sapi, Daging Babi, Daging Tikus dan Menggunakan Boraks

Bakso adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Dengan kuah yang kental dengan rempah, akan membuat rasa yang menyatu dengan daging menjadi sangat nikmat sekali. Tak ayal, bakso ini menjadi jajanan yang banyak diburu masyarakat.

Ini tentu sudah menjadi keuntungan yang besar bagi penjual bakso. Tetapi, demi menambah keuntungan pribadi. Ada oknum penjual bakso yang melakukan kecurangan.

Bakso yang sejatinya dibuat dengan bahan dasar daging sapi, terkadang dicurangi dengan campuran bahkan bahan mentah dengan daging lain. Sebut saja daging celeng, daging tikus. Atau kecurangan lainnya dengan menambahkan boraks.

Perlulah bagi kita sekiranya mengenali ciri ciri bakso yang terbuat dari daging sapi, daging babi dan daging tikus serta tanda tanda bakso yang menggunakan Boraks.

Ciri Ciri Bakso yang terbuat dari daging Sapi

#Tekstur lebih halus, tak kusam dan tak ada lendir
Pertama kita bisa identifikasi dengan melihat tekstur bakso tersebut. Biasanya bakso yang terbuat dari daging sapi tak memiliki lendir. Tekstur halus dan warna bakso tidak kusam.

#Warna Daging Kemerahan
Sapi memiliki daging yang berwarna agak kemerahan. Ini berbeda dengan Babi yang memiliki daging putih, sebab sapi ini termasuk pada red-meat.

#Lembut dan Tak kenyal
Bakso yang terbuat dari daging sapi tidak akan terasa kenyal. Sebab pada daging sapi tidak terlalu banyak lemak layaknya daging babi.

#Kenali bau bakso
Jika anda memiliki penciuman yang baik. Tentu mengenali bagaimana aroma daging sapi.

Ciri-ciri Bakso yang dibuat dari Daging Babi

#Tekstur Kenyal
Daging babi memiliki kandungan lemak yang lebih dibanding daging sapi. Oleh sebab itu, daging babi akan terasa lebih kenyal dibanding daging sapi.

#Warna Bakso daging Babi lebih putih dan pucat
Berlawanan dengan daging sapi, babi termasuk hewan golongan White-Meat. Hewan dengan warna daging putih. Oleh sebab itu bila dimasak dengan kuah, bisa dipastikan akan menjadi lebih pucat.

#Bau Bakso Amis
Karena kandungan lemak tinggi, maka aroma yang dihasilkan daging sapi lebih berasa amis. Walaupun telah dicampur dengan rempah sedemikian rupa.

Ciri Ciri Bakso Daging Tikus

#Bau Bakso lebih Amis dibanding Babi
Dibandingkan dengan sapi dan babi. aroma yang dihasilkan daging tikus akan lebih amis. Apalagi saat dimasak dan diseduh kuah air panas.

#Tekstur Keras
Tekstur bakso daging tikus amat keras. Tetapi bila sudah terbelah, bakso (bagian dagingnya) akan hancur.

#Rasa Bakso Gurih
Namun, kelebihan dari daging tikus ini akan lebih gurih. Walaupun tekstur daging tikus lebih keras.

#Harga Murah, Porsi besar
Sebab untuk mendapatkan daging tikus sangatlah mudah. Harganya tidak terlalu tinggi. Dengan begitu penjual bisa menetapkan harga yang murah tetapi dengan porsi yang besar.

Ciri Ciri Bakso yang Menggunakan Boraks

Boraks dikenal sebagai pengawet makanan. Ini dilakukan agar bakso lebih awet dan memiliki tampilan yang menarik. Berikut ciri ciri bakso yang menggunakan boraks.

#Bakso lebih Kenyal
Bakso akan terasa lebih kenyal dari biasanya. Memang penuh tantangan ketika Anda mengunyah, tetapi ingat resiko kesehatan yang ditimbulkan akibat efek boraks.

#Bakso Awet
Karena Boraks adalah bahan pengawet, maka dipastikan bakso yang menggunakan Boraks akan lebih awet. Biasanya sang penjual akan membuat bakso dalam jumlah besar dan bakso tersebut dijual untuk beberapa hari. Alangkah baiknya membeli bakso yang mana tatanan jajanannya tak terlalu banyak.

#Berikan pada Kucing
Jika ada kucing disekitaran warung bakso. Anda bisa potong sedikit daging bakso dan berikan pada kucing. Karena ketajaman indera penciuman kucing, biasanya kucing tidak akan memakan bakso dari Boraks ini. Kecuali kucing garong.

Loading...

1 Response to "Beda Bakso dari Daging Sapi, Daging Babi, Daging Tikus dan Menggunakan Boraks"