Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tahap Produksi Berlian dari Tambang Sampai ke Konsumen

Berlian merupakan batu bernilai tinggi. Ini menjadi salah satu komoditi perdagangan terbesar di dunia. Lalu bagaimanakah alur perdagangan berlian mulai dari penambangan sampai pada pada tangan konsumen?

Secara sederhana berikut tahap bisnis berlian mulai dari tambang sampai ke konsumen,
Eksplorasi dan Penambangan – Pemilahan – Pemotongan dan Pemolesan – Pabrik perhiasan – Retail – Konsumen

EKSPLORASI DAN TAMBANG

Eksplorasi adalah usaha untuk menemukan tempat yang memiliki berlian. Dilakukan oleh para ahli geologi. Setelah ditemukan lokasi yang mengandung berlian, selanjutnya akan diperhitungkan dengan biaya produksi. Jika dirasa menguntungkan, maka dilanjutkan dengan penambangan berlian.
Tambang Berlian Tradisional
Cara menambang berlian bisa dilakukan dengan 4 metode. Berikut Metode Penambangan berlian tersebut,
  1. -Metode Tradisional. Penambangan dilakukan dengan manual oleh manusia. Biasanya masih menggunakan peralatan sederhana berupa saringan dan sekop untuk menggali. Contohnya tambang berlian di Martapura, Kalimantan.
  2. - Metode Terowongan. Penambangan ini hampir mirip dengan tambang batu bara atau pencarian emas dengan terowongan. Terowongan dibuat sampai ditemukan batuan yang mengandung berlian.
  3. - Lepas Pantai. Ternyata tidak hanya minyak yang memiliki tambang lepas pantai. Berlian juga terdapat di lautan. Penggunaan metode tambang berlian lepas pantai ini baru diperkenalkan pada tahun 90-an.
  4. -Metode Terbuka. Istilahnya adalah dengan menggali. Atau dalam sistem pertambangan dikenal dengan open pit. Metode ini dilakukan bila tidak memungkinkan dibuat terowongan, mungkin saja disebabkan karena struktur tanah yang lunak.

PEMILAHAN (SORTIR)

Batuan yang mengadung berlian dipilah. Berlian dipilah menjadi berlian untuk perhiasan atau berlian untuk industri. Contoh penggunaan berlian untuk industri seperti untuk mata bor atau alat pemotong kaca. Jadi jangan berpikir bahwasanya berlian hanya digunakan untuk perhiasan saja.

PEMOTONGAN DAN PEMOLESAN

Untuk memotong berlian digunakan berlian juga, sebab berlian merupakan batuan paling keraas di alam. Setelah dipotong lalu dibentukm berikutnya berlian dipoles. Tempat pemotongan berlian yang terkenal di antaranya Tel Aviv (Israel), New York, Johanesburg (Afrika Selatan), Amsterdam, India, Cina dan Thailand, Amerika Utara.
Cotnoh Pemotongan Berlian
Pada proses pemotongan inilah berlian dibentuk menjadi seperti apa. Jenis pemotongan berlian ini juga menentukan harga berlian dan juga keindahan berlian nantinya. [Baca juga: Macam Macam Bentuk Pemotongan Berlian (Cut).]

BURSA PERDAGANGAN BERLIAN

Berikutnya Berlian di perdagangkan di bursa. Salah satunya ada di Belgia (Antwerp). Sementara hanya ada 30 tempat berlian diperdagangkan secara resmi di dunia.
Bursa Perdangan Berlian di Belgia

PENGECERAN/RETAILER

Barulah dari bursa perdagangan tersebut para pengecer atau retailer membeli berlian untuk diolah kembali menjadi perhiasan. Di sinilah konsumen atau pemakai membeli berlian tersebut.

Namun, prosedur tersebut tidak berlaku mutlak. Misalnya saja, ada perusahaan berlian seperti Leviev Group, De Beers, Harry Winston Diamond Corp memiliki tambang berlian sekaligus tempat pemotongan, pemolesan dan juga retailer sendiri. Demikian juga tambang berlian tradisional, tak jarang ditambang lalu dipoles dan langsung diperdagangkan.

Loading...

0 Response to "Tahap Produksi Berlian dari Tambang Sampai ke Konsumen"

Post a Comment