Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Beda Waterprof dan Water Resistant (Ketahanan Air) pada Jam Tangan

Bila kamu memiliki jam tangan, kebanyakan akan ditemukan tulisan Water Resistant dan Waterproof pad baian belakang. Lantas, sebagian banyak orang berpikir jam mereka tahan terhadap air. Benar, tetapi harus tahu juga arti dari waterproof dan water resistant. Kedua-nya memang ada kata water sehinga membuat kita berpikir jam tersebut tahan air. Tetapi, sebenarnya ketahanan terhadap air setiap jam tangan berbeda-beda.
arti water resistant dan bar pada belakang jam tangan

Water Proof vs Water Resistant

Dari keputusan ISO, istilah waterproof tak lagi dipakai terhitung tahun 1990. Banyak negara yang memproduksi jam  tidak lagi mencantumkan istilah waterproof.

Bila kamu menemukan sebuah jam tangan dengan istilah waterproof kemungkinan besar itu jam tangan di produksi sebelum tahun 1990. Jadi intinya waterproof dan water resistant ini sama. Berikutnya kita akan lihat bagaimana jenis ketahanan jam terhadap Air dan beda ketahanan jam tangan terhadap air.

Bar, ATM dan Metre pada Bagian Belakang Jam Tangan

Ketahanan jam tangan terhadap air ditentukan oleh tekanan dimana jam tersebut berada. Satuan tekanan yang digunakan bisa ATM, Bar atau meter. Perbandingan angkanya kira-kira.
1 atm = 1,01325 Bar = 10 meter (mendekati).

Bila kamu punya jam tangan hanya bertuliskan Water resistant ini sebenarnya belum cocok untuk digunakan ketika berenang. Setidaknya harus ada penunjuk tekanan. Misalnya 5 Bar, 10 Atm atau 20 m. Label tersebut bisa diperhatikan pada bagian belakang jam.

Misalkan kamu memiliki jam tangan Water resistance 3 Bar. Artinya, jam tesebu masih bisa bertahan pada tekanan 3 Bar atau 3 Atm atau 30 meter. Beberapa klasifikasi tekanan yang dan hubungannya dengan aktivitas contohnya,

  1. Splash Resistan, Water Resistan 3 atm/3bar/30 m. Biasanya akan ditulis water resistant aja. Ini jam hanya tahan akan hujan atau tumpahan air saja. Tidak boleh digunakan untuk berenang.
  2. Water Resistant 5 atm/5bar/50 meter. Jenis ini bisa digunakan untuk berenang, memancing dan aktivitas yang tak terlalu dalam pada air.
  3. Water Resistant 10 Bar/ 10atm/ 100 m. Ini cukup tangguh dan kamu bisa gunakan untuk menyelam dan snorkling.
  4. Water resistant 20 atm/20bar /200m. Bisa dignakan untuk diving dan menyelam hingga ke dalaman 200 m.
Untuk aktivitas lain biasanya akan ada jam tangan khusus. Misalnya Scuba Diving. Pada bagian belakang jam akan diberikan toleransi ke dalaman sehingga jam masih dalam kondisi baik. Misalnya untuk kedalaman 200 meter, atau lebih dari 300 meter.

Jadi untuk merawat jam tangan kamu, kamu harus perhatikan pada bagian belakang jam. Berapa Atm/Bar toleransi tekanan. Tidak cukup dengan kalimat Water Resistant saja. Baca : Beda Jam DW Daniel Wellington Asli dan Palsu.

Loading...

0 Response to "Beda Waterprof dan Water Resistant (Ketahanan Air) pada Jam Tangan"

Post a Comment