Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Arti Tachymeter dan Fungsi Tachymeter pada Jam Tangan

Kalau kamu beli jam tangan, kemudian ada sebauh pada lingkaran luar (bezel) melingkar angka mulai dari 500 sampai angka 60 pada jam tersebut. Tahukah kamu jika itu namanya adalah Tachymeter.

Lalu apa kegunaan Tachymeter pada jam tangan? Apakah hanya sekedar hiasan saja. Hmm, pastinya tidak. Bila untuk hiasan belaka, maka sebaiknya dipasang bukan angka-angka. Misalnya aksesoris seperti batu-batuan atau lainnya.

Fungsi Tachymeter tersebut adalah untuk mengukur waktu. Di sini waktu tersebut bisa dikonversi menjadi kecepatan. Fungsi Tachymeter ini hampir sama dengan stopwatch atau choronograph (terkait: Arti Choronograph pada Jam Tangan). Hanya saja, disini telah dilakukan konversi secara langsung. Berikut contoh cara menggunakan Tachymeter pada sebuah jam tangan.
arti dan kegunaan tachymeter pada jam tangan
Sekarang perhatikan gambar di atas, sebuah jam dengan tachymeter. Misalkan kamu sedang mengemudi mobil. Lalu kemudikan nyalakan tachymeter, (posisi pas di jarum 12 ketika mulai menjalankan mobil) sejauh 1 km dan berhentilah. Saat berhenti kamu berada pada detik ke 36 (tepatnya angka 100 pada Tachymeter). Berhentilah, Selama perjalanan tersebut artinya kecepatan kamu adalah 100 km/jam. (angka 100 dapat dari angka yang ditunjuk pada Tachymeter.

Pengukuran jarak yang bisa digunakan dalam Tachymeter adalah dalam km. Lalu bagaimana jika hanya ingin mengukur pada jarak 100 meter? Caranya adalah, berlarilah sejauh 100 meter. Kemudian lihat angka yang ditunjukkan Tachymeter. Pada saat itu misalkan berada pada angka 9 di jam (perhatikan, ini sama dengan angka 80 pada Tachymeter). Karena jarak yang ditempuh tersebut 100 m = 1/10 km. Maka kecepatan juga yang digunakan dibagi 10 dari seharusnya. 80 km/jam : 10 (karna jarak yang ditempuh 1/10 km atau 0,1 km).

Untuk kasus lain, misalkan sebuah roket ditembakkan dalam jarak 10 km. Peluru sampai dalam waktu 20 detik (posisi angka 4 pada jam = 180 pada tachymeter). Karena yang seharusnya : 1 km = 180 km/jam , tetapi pada kasus ini jaraknya 10 km (10x lipat) maka kecepatannya juga akan jadi 10x lipat = 1800 km/jam).

Contoh kegunaan Tachymete lain adalah untuk menentukan banyaknya produksi barang dalam waktu satu jam. Contohnya begini, misalkan buatlah suatu burung mainan dari kertas. Setelah diukur ternyata 1 burung mainan dari kertas dibuat dalam waktu 20 detik. Pada Tachymeter menunjukkan angka 180. Artinya selama 1 jam nanti kamu bisa membuat 180 burung mainan. Tidak percaya? Mari kita buktikan dengan cara matematika,

1 jam 3600 detik. 1 burung 20 detik. Untuk 3600 detik bisa kamu bikin 3600:20 = 180. Sama bukan hasilnya?

Loading...

0 Response to "Arti Tachymeter dan Fungsi Tachymeter pada Jam Tangan"

Post a Comment