Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Shortcut Penting pada Microsoft Excel

Bagi Anda yang melakukan pekerjaan dan harus menggunakan Microsoft Excel beberapa shortcut di Microsoft Excel yang jarang diketahui ini mungkin akan banyak membantu. Tidak usah memilih menu dan klik dengan menggunakan pointer, Anda cukup menekan kombinasi beberapa tombol saja. Berikut shortcut dari Microsoft Excel.

‘Alt’ ‘=’ untuk Fungsi Jumlah atau Sum

Anda bisa melakukan penjumlahan dengan memanggil fungsi Sum tanpa mouse. Caranya dengan menekan ‘Alt’ dengan ‘=’ secara bersamaan. Yang terpenting posisikan kursor pada sel dimana akan diletakkan hasilnya.

‘Ctrl’ ‘Spasi’ untuk Memilih kolom tertentu

.Pada sistem operasi Microsoft Excel anda mungkin sudah terbiasa dengan fungsi CTRL+A untuk memilih semua sel. Namun untuk memilih sebuah kolom (A,B,C dst) Anda bisa mengunakan CTRL+SPASI. Kemungkinan pengunaan ini mungkin anda ingin menghapus sebuah kolom atau editing kolom.

‘Ctrl’ ‘Home’ Untuk ke sel A1

Bila anda sudah terlalu ke bawah. Karena data terlalu banyak. Kemudian ingin kembali ke atas. Menghemat waktu untuk ke sel A1 bisa digunakan fungsi CTRL+HOME. Anda akan dibawa langsung ke sel paling atas tanpa scroll.

‘Ctrl’ ‘0’ untuk Menyembunyikan data

Maksudnya adalah menyembunyikan sebuah nilai pada sebuah sel. Misalkan ada sebuah konstanta rahasia, Anda bisa menggunakan fungsi tersebut untuk menyembunyikannya. Untuk kembali menampilkan data tersebut Anda bisa kombinasikan tombol ‘CTRL+SHIFT+0’. Coba saja, buka sebuah data di Excel Anda, lalu taruh kursor di suatu sel yang memiliki nilai tertentu. Lalu gunakan petunjuk di atas dan lihat apa yang terjadi.

Sementara jika ingin menyembunyikan data sepanjang satu baris, bisa menggunakan kombinasi CTRL+9. Dan untuk kembali menampilkan bisa menekan CTRL+SHIFT+9. Perlu diketahui, ini tak berlaku untuk Windows Vista dan Windows 7.

‘Alt’ ‘E’ ‘D’ untuk menghapus data Sel

Bila memiliki kepentingan untuk menghapus data pada sebuah sel anda bisa menggunakan kombinasi ALT+E+D. Karena jika dilakukan dengan klik kanan dan delete akan membuang waktu.

‘Ctrl’’;’ untuk menambahkan tanggal sekarang

Jika memiliki kebutuhan untuk menampilkan tanggal, Anda bisa menggunakan kombinasi CTRL+;. Apalagi untuk anda yang sering lupa tanggal, selain lebih repot jika mengetik tanggal, bulan dan tahun. Untuk menampilkan jamnya Anda bisa gunakan kombinasi CTRL+SHIFT+;

Ctrl ‘ untuk melihat sebuah Rumus

Jika Anda ingin melihat rumus pada sebuah tabel Anda tak perlu repot, cukup dengan menggunakan Ctrl +’. Rumus akan ditampilkan.

Loading...

0 Response to "Shortcut Penting pada Microsoft Excel"

Post a Comment