Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Perbedaan Jenis Cerita Rakyat : Dongeng, Mitos dan Legenda

Dalam kehidupan pasti kamu pernah mendengar cerita rakyat bukan? Ya cerita yang turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Dari cerita cerita tersebut kamu harus bisa menggolongkan mana cerita tersebut masuk pada golongan apa. Berikut jenis jenis cerita rakyat.

Mitos

Mitos dalam bahasa Inggris ditulis Myth merupakan sebuah cerita rakyat yang lakonnya adalah dewa atau manusia yang memiliki kekuatan super. Latar cerita berasal dari dunia lain di ‘pada suatu waktu’. Ini dianggap benar benar sebuah kejadian nyata yagn pernah terjadi.

Cerita mitos biasanya berkisah tentang alam, dunia, ciri binatang, petualangan para dewa dan kisah cintanya. Tak hanya di Indonesia, Mitos juga ada yang berasal dari negara lain.

Bahkan mitos yang berkembang di Indonesia mendapat pengaruh dari India. Contoh, tentang puncak Mahameru di Gunung Mahameru. Konon dari ceritanya puncak tersebut berasal dari India. Beberapa contoh lainnya tentang Dewi Sri sebagai dewi padi menurut kepercayaan di Jawa.

Legenda

Legenda merupakan sebuah cerita yang lebih dianggap sangat nyata. Ini kerap mendekati sebuah sejarah nan kolektif. Meskipun tak tertulis, cerita ini kadang menjadi sedikit perbedaan dari kisah aslinya. Oleh sebab itu terkadang legenda kerap dijadikan bahan untuk rekonstruksi sejarah. Namun legenda tersebut harus difilter bagian folkor

Legenda menurut ahli diantaranya Emeis menyebutkan bahwa Legenda merupakan sebuah kejadian dengan dasar sejarah dan digabungka dengan khayalan. Sementara Legenda menurut William R Bascomadalah bagian yang sama dengan mitos namun tak begitu dianggap sakral. Sementara legenda menurut Hooykaasa dalah dongeng tentang sesuatu yang luar biasa. Contohnya, Legenda Tangkuban Parahu, Legenda Malin Kundang.

Dongeng

Dongeng adalah sebuah penceritaan dengan dasar fiktif dengan kandungan pesan moral tentang makna kehidupan. Dongeng ini memang sebuah karya fiktif, dunia khayal dan imajinasi. Namun kisah ini membawa daya tarik tersendiri.

Contoh Dongeng seperti cerita 1001 Malam. Terkadang untuk menyesuaikan dengan kehidupan sekarang, beberapa dongeng telah di ubah dalam bentuk kemasan yang agak modern.

Loading...

0 Response to "Perbedaan Jenis Cerita Rakyat : Dongeng, Mitos dan Legenda"

Post a Comment