Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Refund / Tukar Jadwal Tiket Kereta Api KAI

Manusia bisa berencana, tetapi terlaksananya rencana tersebut adalah kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Termasuk bila kamu salah satunya telah memiliki sebuah rencana perjalanan, khususnya dengan menggunakan kereta api. Pemesanan tiket kereta api untuk tujuan jauh bisa dilakukan H-90 sebelum perjalanan. Kamu bisa membeli tiketnya di beberapa situs online atau langsung ke stasiun kereta api.

Untuk kali ini kita tak akan bahas mengenai bagaimana cara membeli tiket kereta api. Kita akan bahas mengenai bagaimana cara refund atau menukar jadwal keberangkatan kereta api atau dikenal dengan KAI. Entah alasan apapun yang membuat perjalanan kamu batal atau ditunda, jangan khawatir, tiket kereta api kamu bisa kok dikembalikan dan kamu memperoleh uang kembali (tetapi dipotong 25%).

Syarat Pembatalan / Refund, Tukar Jadwal Tiket Kereta Api (KAI)

Pembatalan tiket kereta api atau KAI berlaku 30 menit sebelum keberangkatan. Sementara untuk perubahan jadwal bisa dilakukan 60 menit sebelum jadwal keberangkatan. Telah disebutkan baik pembatalan ataupun perubahan jadwal keberangkatan uang kamu akan hangus 25%. Misalkan harga tiket kamu Rp 100.000, maka akan hangus Rp 25.000,-.

Ketika melakukan pembatalan tiket kamu harus membawa Fotokopi KTP/SIM/Passport dan KTP/SIM/Passport yang sesuai dengan nama tiket tersebut. Bisakah pembatalan / tukar jadwal tiket KAI diwakilkan? Jawabannya bisa, dengan syarat melampirkan surat kuasa dengan materai.

Langkah Pembatalan / Refund, Tukar Jadwal Tiket Kereta Api (KAI)

Untuk kepentingan pembatalan atau refund serta penukaran jadwal tiket kereta api, kamu harus mengunjungi stasiun. Untuk Jakarta bisa dilakukan di Pasar Senen, Gambir ataupun Kota. Bisakah melakukan pembatalan tiket kereta atau mengubah jadwal keberangkatan kereta api di stasiun yang bukan stasiun keberangkatan? Jawabannya bisa. Contohnya bila kamu seharusnya berangkat dari Stasiun Senen, kemudian kamu melakukan refund di stasiun Gambir. Ini bisa dilakukan.

Setelah sampai ke stasiun, kamu bisa bertanya pada petugas di sana. Di Loket mana tempat refund tiket kereta. Nantinya, kamu akan diberitahu penukaran tiket kereta ada di sebelah mananya.

Sebelumnya kamu harus mengisi formulir. Saran dari kami, sebaiknya mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Karena dari pengalaman beberapa kawan, antrian penukaran tiket sangat panjang. Kecuali jika kamu membatalkan keberangkatan 30 menit sebelum keberangkatan, kamu akan diprioritaskan. Tampilan formulir yang harus kamu isi (warna merah dan disediaka di stasiun),
Bagian yang harus kamu isi adalah Nama, Alamat dan nomor telepon. Berikutnya pada adalah Booking Code/Kode Booking Tiket.

Untuk pembatalan refund tiket kereta api, tersedia dua opsi pengembalian uang.

  1. Cash atau Tunai. Uang akan dibayarkan 30 hari setelah pembatalan tiket. Kamu harus menjemput ke stasiun itu lagi.
  2. Transfer Bank. Bisa rekening bank apa saja. Dibayarkan 45 hari setelah pengajuan refund tiket kereta api.
Nah itulah cara refund dan cara mengubah jadwal keberangkatan kereta api. Meskipun dipotong 25% tak apalah dari pada zonk. Tapi sayang sekali, refund tiket kereta api online sampai saat artikel ini ditulis masih belum tersedia. Jadi mau tidak mau, ya kamu harus antri. Terkait: Cara Refund Tiket Pesawat dan Hotel di Traveloka.

Loading...

1 Response to "Cara Refund / Tukar Jadwal Tiket Kereta Api KAI"