Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Membuat Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Program kartu Indonesia Sehat atau KIS merupakan salah satu implementasi program kerja presiden Jokowi. Program ini bertujuan memberikan jaminan kesehatan bagi kalangan yang tak mampu secara ekonomi dan yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS. Intinya, ini akan memberikan keringanan bagi masyarakat berekonomi lemah untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik.

Dengan galaknya program BPJS. Sekarang kartu KIS telah berubah menjadi kartu BPJS. Pemegang kartu KIS akan memperoleh keanggotaan BPJS Kesehatan kelas III. Semua iuran bulanan akan ditanggung oleh pemerintah. Dari isu yang beredar, pemegang KIS akan dialihkan pada BPJS Kesehatan.
Kartu Indonesia
Untuk memperoleh kartu ini, pemohon tak harus melakukan registrasi. Kartu KIS ini akan didistribusikan oleh BPJS Kesehatan pada puskesma di tingkat kelurahan. Yang berhak menerima KIS ini adalah masyarakat kurang mampu dari hasil pendataan Program Perlindungan Sosial , PPLS 2011.

Syarat Untuk Mendapatkan KIS

Adapun ketentuan untuk mendapatkan KIS adalah masyarakat yang memenuhi persyaratan,
  1. Warga kurang mampu, penderita disability, gangguan jiwa, lansia yang telantar, anak jalan, pengemis dan gelandangan.
  2. Nama telah tercatat dalam PPLS 2011 dari data BPS tahun 2011. Juga disaratkan telah menjadi pemegang kartu Jamkesmas
  3. Daftar nama dalam PPLS 2011 bisa dicek pada Puskesmas terdekat atau kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  4. Bagi pemegang kartu Jamkesmas bisa menganti dengan kartu KIS pada kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Cara Memperoleh kartu KIS

Untuk memperoleh kartu KIS ada beberapa kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan.
  1. Kartu Identitas (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  2. SKTM (Surat Keterangan Tak Mampu ) dari pejabat kelurahan domisili
  3. Surat pengantar dari Puskesmas Domisili
Ada suatu pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Kartu Indonesia Sehat ini. Apakah pemilik Kartu Indonesia Sehat ini kita harus memiliki rekening bank? Tidak, jika ingin memiliki Kartu Indonesia Sehat ini, Anda tak harus mempunyai rekening bank.

Prosedur dalam Membuat Kartu KIS

Setelah mempersiapkan syarat dokumen (KTP, KK), mintalah surat keterangan tak mampu dari kelurahan domisili Anda. Setelah itu kunjungi puskesmas terdekat untuk memperoleh Surat Pengantar untuk mendaftar BPJS Kesehatan PBI.

Setelah lengkap semuanya, selanjutnya datanglah ke kantor BPJS terdekat. Untuk pembuatan kartu tak akan dibutuhkan waktu lama. Biasanya Anda akan memperoleh kartu pada hari itu juga. Anda akan mendapatkan BPJS PBI (Program Bantuan Iuran). Baca jugaCara Cek Tunggakan Tagihan BPJS Kesehatan.

Loading...

4 Responses to "Cara Membuat Kartu Indonesia Sehat (KIS)"

  1. Program apa an program gk beres.. sya btu saja ngurus sktm dr desa lncar. Dr camat lancar.. tapi dari puskesmas gak karu karuan udah gk dpt surat pengantar. Mlah bicaranya gk jelas di lempar sana sini.. bagus gk usah di adakan program kis atau puskesmas. Kembalikan ke jaman dulu saja ke dukun bayi.. biar gak tambh susah hidup kami...

    ReplyDelete
  2. Kurang tepat sasaran, yang mampu tau2 dibagi kartu kis, yg ga mampu cuma bisa bertanya2.

    ReplyDelete
  3. Kurang tepat sasaran, yang mampu tau2 dibagi kartu kis, yg ga mampu cuma bisa bertanya2.

    ReplyDelete
  4. Tetangga saya telah terdaftar di program KIS.bgmn cara mengecek kartunya Krn sampai skrg belum menerima kartunya..thank's

    ReplyDelete