Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu - Sudah menjadi tidak rahasia umum lagi jika emas adalah salah satu cara yang terbaik untuk menabung. Dari waktu ke waktu nilai emas akan tetap. Ya memang untuk harga dari emas ini selalu mengalami peningkatan, namun secara nilai emas tidak tergerus nilainya tersebut. Emas adalah penyimpanan uang yang paling aman terhadap kondisi apapun, baik inflasi ataupun secara waktu.
beda emas asli dan emas palsu
Keistimewaan emas tersebut menjadi celah bagipara oknum. Mereka terkadang memperjual belikan emas yang tidak asli. Oleh sebab itu jika kamu ingin membeli emas, maka harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakan emas asli dan emas palsu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh informasi tentang keaslian emas.

Bentuk Fisik

Ketika kamu membeli emas, maka bisa saja tertipu oleh warna kuning. Logam lain bisa menyerupai emas. Namun agar mata tak tertipu, kamu bisa melihat sesuatu pada emas tersebut. Pada emas, khususnya perhiasan, biasanya terdapat kode yang menunjukkan kadar emas itu. Kode ini letaknya agak tersembunyi.

Jika kamu memiliki perhiasan emas, sekarang silahkan dicek dengan teliti. Di sana akan tertera kode kode emas. Apakah kamu melihatnya? Jika tidak sekarang mari dicoba cara menentukan asli atau tidaknya emas yang kedua. Terkait : Arti Kode Kode pada Perhiasan Emas.

Gigit Emas

Jika tidak menemukan kode tersebut, kita lanjutkan dengan menggigit emas. Cara ini cukup bisa meyakinkan.

Untuk emas asli, tidak terdapat bekas gigitan. Karena emas ini adalah salah satu logam yang paling kuat. Tapi hati-hati jangan sampai gigi kamu yang berbekas.

Uji emas dengan Magnet

Cara lainnya adalah dengan menggunakan magnet. Namun cara ini tidak terlalu efektif. Tapi pada dasarnya tidak ada salahnya di coba.

Coba dekatkan emas tersebut pada magnet. Bila emas tertarik kuat, itu tanda tanda emas kamu palsu. Jika emas ditarik perlahan oleh magnet, inilah ciri-ciri emas asli.

Goreskan Emas pada Keramik atau Kertas

Jika kamu punya perhiasan emas, sekarang coba goreskan di keramik atau kertas. Ketika melakukan ini.

Ciri-ciri emas asli tidak akan meninggalkan warna kehitaman pada kertas atau keramik. Bila kamu menemukan goresan yang menghitam, ini artinya emas kamu tidak asli. Sayangnya cara ini cukup berisiko karena bisa saja perhiasan akan lecet dan mengurangi nilai jual emas nantinya.

Tes Keaslian Emas dengan Asam Nitrit

Cara ini dilakukan dengan mengunakan larutan asam. Hat-Hati ketika melakukan ini, sebab asam nitrit bisa berbahaya jika terkena tangan. Gunakan sarung tangan sebagai pengaman.

Cara mengetahui keaslian emas dengan asam nitrit yaitu dengan mencelupkan emas pada larutan asam nitrit. Untuk emas asli maka tidak akan terjad i apa-apa. Bila saja emas kamu palsu, maka akan terlihat sebuah perubahan. Misalnya akan menghasilkan gelembung, warna emas memudar, atau warna emas tersebut akan menghitam malahan.

Demikian saja cara membedakan emas asli dan emas palsu. Semoga dengan tahu cara ini, kamu paham perbedaan antara emas asli dan emas palsu.

Loading...

0 Response to "Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu"

Post a Comment