Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Jenis Jenis Obligasi

Setelah Mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi dengan obligasi. Sekarang kita akan lihat macam-macam obligasi. Untuk instrument investasi jenis obligasi ini juga banyak macamnya. Pembagian tersebut bisa di didasarkan pada penerbit, sistem pembayaran, bunga, waktu tempok, bentuk , jaminan, nominal dan perhitungan hasil.
perbedaan saham dan obligasi
Beda Obligasi dan Saham
Untuk yang paling sederhana saja dalam pengenalan obligasi ini, obligasi berdasarkan penerbitnya bisa diklasifikasikan menjadi 3 macam. Berikut,

Corporate Bonds

Obligasi jenis ini dikeluarkan atau terbit dari sebuah perusahaan. Bisa perusahaan swasta ataupun Badan Usaha Milik Negara. Contoh Obligasi, pada tahun 2014, PT Indofood Sukses Makmur mengeluarkan obligasi dengan nilai 2 Trilyun dengan Fixed Coupon dengan jangka waktu 5 tahun.

Government Bonds
Obligasi jenis ini sebagaimana namanya dikelularkan oleh pemerintah. Untuk Indonesia sendiri, obligasi golongan ini mulai diterbitkan pada tahun 2006. Nama produk ini yang kita kenal dengan Obligasi Negara Ritel (ORI). Setiap tahun akan diterbitkan satu seri (untuk tahun 2007 dan 2008 sempat diterbitkan 2 seri).

Municipal Bonds
Hampir sama dengan government Bonds. Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah daerah. Tujuan dari penerbitan obligasi ini biasanya untuk kepentingan pembiayaan pembangunan dan fasilitas public.

Demikian pembahasan obligasi tentang jenis jenis obligasi berdasarkan penerbitnya. Selanjutnya kamu harus baca beberapa hal yang harus diketahui tentang obligasi.

Loading...

0 Response to "Jenis Jenis Obligasi"

Post a Comment