Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Refund Tiket Pesawat dan Hotel di Traveloka

Perjalanan yang direncanakan kadang tidak sesuai dengan rencana. Sementara semua telah anda persiapkan. Misalkan anda ingin melakukan perjalanan, anda telah melakukan pemesanan tiket pesawat bahkan sekalian telah melakukan booking hotel. Ternyata tiba tiba karena suatu alasan, perjalanan tersebut dibatalkan.
Adalah salah satu aplikasi/situs penyedia layanan pembelian tiket pesawat dan booking hotel kita kenal dengan nama traveloka. Kemudahan yang ditawarkan dalam pencarian harga tiket pesawat dan hotel membuat aplikasi/website traveloka menjadi pilihan yang paling sering digunakan saat ini.

refund tiket traveloka
Sekarang apabila anda mengalami suatu masalah yang harus membatalkan penerbangan  ataupun tiket hotel, sebelumnya anda telah melakukan pemesanan melalui traveloka. Anda bisa membatalkan penerbangan (cancel) dan melakukan refund.

Refund sendiri adalah pengembalian uang dari maskapai penerbangan/ pihak hotel karena anda membatalkan diri untuk menggunakn jasa mereka. Perlu digaris bawahi, untuk traveloka hanya jenis pemesanan refundable yang bisa dicancel dan menerima kembali uangnya. Satu lagi, permohonan refund yang sudah diajukan tak bisa lagi dicancel.

Bagaimana Cara Refund di Traveloka

Syarat untuk melakukan refund adalah anda harus terdaftar sebagai pengguna traveloka. Jika sudah maka anda tinggal log ini menggunakan akun anda di halaman website atau aplikasi traveloka di smartphone. Apabila anda melakukan pemesanan tapi anda belum mendaftar sebagai member traveloka, anda bisa mendaftar dan membuat akun  baru, dengan syarat alamat email/nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar sama dengan nomor telepon atau alamat email yang anda gunakan ketika memesan tiket/hotel.

Setelah masuk ke akun anda, ambil menu Pesanan Saya/My Booking  di bagian kiri website. Atau jika menggunakan aplikasi ambil menu Pesanan Saya / My Booking. Di sana anda akan menemukan dua pilihan yaitu Tiket Penerbangan / Flight E-Tickets dan Hotel/Voucher Hotels. Silahkan dipilih salah satu, apakah anda ingin membatalkan tiket penerbangan atau hotel.

Berikutnya pilih Atur Pesanan/ Manage Booking. Akan terlihat tiket pesanan anda, kemudian anda akan mendapti beberapa menu. Pertama ada Refund, kemudian ada Rescheduled, refund dipilih untuk membatalkan pesanan dan mendapatkan uang kembali.  Untuk rescheduled di traveloka digunakan untuk merubah jadwal penerbangan.

Berikutnya akan ada tampilan formulir refund. Isikan nama anda, nomor rekening bank anda. Isikan data yang benar karena uangpembelian tiket anda akan dikembalikan dengan cara transfer ke rekening tersebut.

Terakhir, jika anda telah melakukan itu semua, cek email anda. Akan ada notifikas dari pihak traveloka bahwasanya anda telah melakukan pembatalan penerbangan.

Berapa lama refund akan dibayarkan Traveloka?

Untuk refund akan dibayarkan sesuai kebijakan maskapai penerbangan dan pihak hotel. Rata rata untuk pembatalan pemesanan hotel uang akan ditransfer dalam waktu paling lama 5 hari terhitung tanggal pembatalan pesanan.

Sementara untuk pembatalan penerbangan dari traveloka akan dibayarkan dalam waktu paling lama 90 hari (bisa jadi dalam waktu satu minggu). Semua bergantung pada kebijakan masing masing maskapai.

Berapa Potongan Biaya ketika Refund di Traveloka?

Tentangpotngan biaya/ jumlah uang yang hangus ketika melakukan refund tergantung pada hotel dan maskapai penerbangan. Yang pasti untuk hal pajak bandara, pajak tiket tidak akan dikembalikan. Perbedaan jumlah persentase potongan juga dihitung berdasarkan waktu kapan anda mengajukan permohonan refund.

Lebih lengkap mengenai detail potongan biaya cancel tiket penerbangan dan hotel ini sesuai ketentuan maskapai bisa anda lihat pada halaman : Biaya Refund Tiket Pesawat dan Hotel Seluruh Indonesia. Sementara itu untuk berkomunikasi dengan pihak traveloka bisa melalui alamat email : cs@traveloka.com atau nomor telepon layanan konsumen traveloka : 0804-1500-308.

Loading...