Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Beda Swift Code dan Bank Identifier

Bagi pebisnis apalagi berbisnis online dengan jangkauan luar negeri pasti akan menemukan istilah Swift Code dan Bank Identifier ini. Banyak yang tidak tahu tentang apa maksud swift code dan bank identifier ini. Pengalaman ini juga di dapat ketika saya membuat rekening Payoneer. Berikut sedikit penjelasan mengenai Swift Code dan Bank Identifier.

Apa itu Swift Code?

Swift merupakan singkatan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. Ini adalah layanan yang penghubung antara lembaga keuangan bank di seluruh dunia. Setiap lembaga keuangan berupa bank memiliki sebuah kode Swift sebagai kode yang menunjukkan identitas bank tersebut. Berikut beberapa kode swift bank di Indonesia.
Bank Swift Code
Bank Bukopin (BBUKIDJA) ; Bank Danamon (BDINIDJA) ; Bank BRI (BRINIDJA) ; Bank BCA (CENAIDJA) ; Bank BNI (BNIDJA) ; BII Maybank (MBBEIDJA) ; Bank BCA (CENAIDJA); Bank Permata (BBBAIDJA) ; Bank Niaga (BNIAIDJA) ; Bank Mandiri (BEIIIDJA) ; Bank Mega (MEGAIDJA) ;Bank Syariah Mandiri (BSMAIDJA) ; Bank OCBC NISP (OCBCIDJA) dan bank Indonesia (INDOIDJA). Untuk bank lainnya anda bisa lihat di situs resmi Swift pada alamat : https://www.theswiftcodes.com/indonesia/

Apa itu Bank Identifier?

Bagian ini sebenarnya yang membuat bingung. Ketika saya bertanya pada Customer Service BCA merek menjawab Bank Identifier BCA adalah CENAIDJA. CENAIDJA adalah Swift untuk Bank BCA. Pada salah satu akun pembayaran, saya diminta memasukkan Swift Code dan Bank Identifier secara bersamaan.

Setelah berkelanan di mesin pencari ternyata bank identifier ini bukanlah seperti yang SWIFT. Bank Identifier adalah kode kliring dan kode cabang bank. Contoh bank identifier untuk bank BCA : Bank BCA memiliki kode kliring 014. Kode kliring adalah kode unik untuk masing-masing bank, misalnya ketika anda transfer uang ke bank lain via ATM maka 3 digit awal dimasukkan kode kliring ini. Kembali ke bank identifier, Bank identifier ini adalah campuran kode kliring dengan kode cabang bank tempat anda menabung. Kode cabang ini bisa dilihat dari 3 digit awal nomor rekening bank anda.

Jadi untuk bank BCA : bank Identifier nya adalah 014664, dimana 664 adalah 3 digit awal nomor rekening saya. Dalam beberapa penerimaan pembayarn, angka 0 di depan sering juga tidak ditulis. Cukup ditulis 14664.

Itulah perbedaan Swift Code dan Bank Identifier. Semoga bisa membantu anda untuk menerima pembayaran dari luar negeri. Baca juga : Cara Menarik Uang dari Payoneer via ATM Bank Mandiri.

Loading...

3 Responses to "Beda Swift Code dan Bank Identifier"

  1. Assalamualaikum pak,jadi kalo menerima uang dr luar negri,cuma butuh Swift code atau dua2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya cuma butuh Swift Come saja untuk bank bank besar seperti baca, mandiri dll

      Delete