Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Membedakan Madu Asli (murni) dengan Madu Campuran (palsu)

Madu adalah sebuah bahan primadona yang dikenal sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena dipercaya mendatangkan khasiat yang banyak sekali. Sementara ttingginya permintaan masyarakat akan madu, di lain sisi produksi madu mengalami keterbtasan. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk memperoleh keuntungan dengan cara yang tidak benar. Madu oplosan, madu dicampur dengan bahan lainnya seperti gula merah. Bahkan yang lebih parah madu sepenuhnya palsu.

cara mengenali keaslian madu

Untuk itu bagi para konsumen harus berhati hati ketika membeli madu. Bukan tidak mungkin madu terseut adalah madul oplosan ataupun palsu. Untuk itu perlu sekiranya pembaca tahu cara mengenali madu asli dan madu campuran atau madu palsu. Berikut beberapa cara mengetahui keaslian madu.

9. Teteskan pada Air Mineral

Cara pertama yaitu dengan meneteskan madu pada air. Madu asli tidak mudah larut dalm ar. Madu akan tetap membentuk gumpalan sendiri, bahkan akan tenggelam.

Sementara untuk madu palsu dan madu hasil campuran akan menyatu dan larut dalam air, sehingga warna air akan berubah.

8. Tes Kristalisasi

Untuk mengenali keaslian madu berikutnya adalah dengan Kristalisasi. Madu mengandung sebuah enzim yang berfungsi mepertahankan diri saat disimpan. Ketika madu disimpan pada botol kaca, perhatikanlah.

Untuk madu asli bagian bawah akan terlihat kental dan membentuk kristal. Madu tidak akan mencair. Sementara untuk madu campuran, pada bagian bawah tidak terbentuk krisal bahkan tetap cair.

7. Uji Kelengkatan 

Madu sangat lengket dan dan akan meninggalkan bekas jika dihapus setelah diteteskan pada kulit. Namun untuk kekentalan tersebut madu juga sering dicampur dengan gula atau gula merah. Agar lebih mudah mengenali kelengkatan madu maka lakukan uji keaslian madu dengan cara.

Celupkan ujung jari pada madu. Biarkan selama tiga menit. Kemudian, angkat jari anda. Untuk madu asli akan meleleh secara perlahan namun lama. Karena ikatan antara partikel sesama madu lebih kuat.

Untuk madu campuran. Madu terasa lengket ditangan. Sementara bagian lain jatuh begitu saja dengan cepat.

6. Uji Madu dengan Kertas

Cara lain untk menguji keaslian madu adalah dengan menggunakan kertas. Teteskan madu pada sebuah kertas. Tunggu beberapa saat kemudian perhatikan.

Madu asli tidak akn membuat kertas berlubang. Madu tetap berada di atas kertas. Karena pada madu asli, kandungan air sangat sedikit sehingga tidak merusak kertas.

Pada madu campuran akan terjadi sebaliknya. Setelah diteteskan, maka madu akan menembus dan merusak kertas hingga berlobang. Karena pada madu ini pasti telah ditambahkan campuran berupa air dan lainnya.

5. Uji Madu dengan Pasir

Selain kertas, juga bisa digunakan pasir. Caranya hampir sama dengan uji menggunakan kertas. Teteskan madu pada segenggam pasir.

Madu asli tidak akan menyebar di atas pasir. Karena ikatan antara sesama partikel madu lebih kuat. Sementara untuk madu hasil campuran, tetesan akan menyebar, bahkan terserap oleh pasir. Ingat, air yang mudah terserap oleh pasir.

4. Uji Rasa Madu

Perbedaan rasa bagi yang peka pasti lebih menonjol. Untuk madu asli  rasa tidak akan berubah meskipun madu telah diletakkan pada keadaan terbuka. Namun madu campuran, terjadi perubahan rasa ketika madu ditempatkan pada keadaan terbuka.

3. Uji dengan Api

Gunakan lilin yang menyala atau batang korek api. Nyalakan dan celupkan pada madu. Lihat apa yang terjadi.

Madu asli, api akan padam perlahan. Sementara untuk madu campuran, karena telah bercampur dengan air maka api akan padam dengan segera.

2. Tanyakan pada Semut

Cara selanjutnya adalah dengan bertanya pada semut. Meskipun tidak mengetahui bahasa semut, tapi semut bisa diajak bekerja sama. Tempatkan tetesan madu di piring. Tunggu hingga beberapa saat.

Jika semut datang namun tidak menembus bagian madu. Ini artinya madu tersebut asli. Sementara jika semut menembus madu dan kemudian mati, ini artinya madu tersebut adalah madu campuran.

1. Uji Kejernihan

Terkahir lihat kejernihan madu. Untuk madu asli, madu lebih murni. Perhatikan kotoran dalam madu. Jika mengalami kesulitan untuk memisahkan kotoran tersebut maka dipastikan ini madu asli.

Untuk madu campuran, anda akan mudah menyaring dan membuang kotoran yang ada dalam madu. Karena kekentalan madu campuran telah berkurang dan mudah disaring.

Demikianlah cara mengetahui madu asli atau tidak. Semoga informasi ini bisa membantu anda lebih selektif dalam memilih madu untuk dikonsumsi. Selanjutnya untuk tahu anda dimadu atau tidak, mohon maaf kami tidak bisa menjelaskan. 😄

Loading...