Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Istimewanya Gerakan Shalat untuk Kesehatan

Shalat merupakan ritual ibadah wajib bagi umat Islam yang dilakukan wajib lima kali sehari dan semalam. Tidak hanya lima kali sehari semalam ini juga bisa ditambahkan dengan beberapa amalan shalat sunat lainnya. Dengan shalat, maka terjauhlah yang melakukannya dari sifat keji dan munkar. Dengan shalat juga manusia akan lebih dekat dengan sang Pencipta. Itu keuntungan shalat, secara agama.
Ternyata tidak hanya itu. Secara kesehatan, shalat juga banyak memberikan keuntungan lain. Misalnya secara kebiasaan, manusia diajarkan untuk disiplin waktu. Namun untuk kali ini tidak akan panjang lebar membicarakan shalat dalam hal tersebut. Kita akan lihat faedah shalat dari sisi lain. Yaitu sisi kesehatan.
keistimewaan shalat
Shalat diklaim sangat bagus untuk olahraga. Di sela kesibukan sehari hari, meluangkan waktu sejenak untuk beribadah, namun sekalian untuk senam dan terapi bagi tubuh anda. Manfaat nyata dari shalat. Jika tidak percaya, berikut keuntungan shalat dalam dunia kesehatan.

Takbiratul Ihram

Gerakan pembukaan shalat. Sebagai penanda bahwa shalat dimulai. Pada gerakan ini, kita akan berdiri tegap, menangkat kedua tangan hingga ke telinga. Kemudian bersedekap di dada.

Gerakan ini ternyata bermanfaat sekali. Manfaatnya, pernapasan akan menjadi lebih lancar dan teratiru. Otot pada kedua tangan akan berkontraksi ketika mengangkat tangan. Sehingga lebih kuat dan kencang. Jika anda tidak pernah shalat coba perhatikan, apabila sudah penat maka orang akan mengangkat tangannya dan menarik napas lalu melepaskannya, terasa lebih lega bukan? Sementara orang yang shalat melakukan  ini juga, eh malah dapat bonus ibadah lagi.

Ruku'

Gerakan shalat yang satu ini akan membentuk tubuh condong ke depan dan kaki tetap berdiri tegak. Pinggang akan membentuk sudut siku siku. Bagi yang tidak tahu shalat, pasti jika kalian olahraga akan melakukan pemanasan seperti gerakan ini ketika berolahraga.

Gerakan ini dilakukan ketika olahraga, berarti gerakan ini menyehatkan dong. Begitu juga dengan shalat, tak salah lagi shalat tersebut menyehatkan. Fungsi gereakan ini akan membuat otot punggung dan sampai pantat berkontraksi. Gerakan ini sangat bagus kalau anda sering mengeluh sakit pinggang. Jadi masih berpikir jika shalat itu sia sia?

Sujud

Gerakan ini sering dianggap aneh. Menempelkan kepala bagian jidat hingga ujung hidung menyentuh lantai. Kaki akan dibengkokkan dan kedua telapak tangan juga menempel dilantai.

Gerakan ini berfungsi untuk mencerdaskan otak. Kenapa demikian? saat sujud maka aliran darah ke otak lebih optimal. Sehari hari kepala selalu berada di atas. Sekarang gantian kepala yang di posisikan di bawah, sudah barang pasti zat cair (darah) akan mengalir ke bawah. Selain dianggap akan meningkatkan kinerja pemikiran, ini juga akan menghindari kamu dari stroke.

Duduk Tasyahud

Duduk ini adalah duduk ketika membaca 'tahiyatul'. Pantat dan paha bertumpu pada kaki bagian bawah. Oto kaki akan menekan peredaran adrah sehingga darah akan terpompa lebih maksimal. Imbasnya, ini akan menghilangkn sakit linu dan nyeri pada bagian kaki.

Mungkin ini juga alasan Allah menyusun rakaat shalat ; subuh 2, dzuhur 4, ashar 4, magrib 3 dan isya 4. Perhatikan yang dilakukan pada pagi dan siang hari. Saat pagi hanya melakukan satu tasyahud karena subuh baru 2 rakaat. Jadi cukup satu saja gerakan ini karena manusia juga bangun tidur. Belum terlalu penat beraktifitas, sehingga kemungkinan nyeri masih sedikit.

Pada Dzuhur dan Ashar, 4 rakaat. Ini waktu manusia beraktifitas. Manusia sibuk dari pagi sampai siang. Untuk itu disuruh dua kali tasyahud. Biar aliran darah terpompa maksimalnya combo. Dan anda pun akan segar melanjutkan aktifitas berikutnya dari siang hingga sore. Begitu pula dengan Ashar. Wah, fabiayyirabbikuma tukadziban!

Salam

Gerakan salam adalah gerakan penutup Shalat dengan menoleh ke kiri, menoleh ke kanan. Gerakan ini akan memberi manfaat pada otot bagian leher yang kaku. Coba saja jika otot leher anda kaku, pasti anda akan menoleh ke kiri dan ke kanan bukan? Tanpa disadari ini telah dilakukan jika anda shalat. Gerakan ini pada senam juga sering dilakukan saat pendinginan, so kurang sempurna apa shalat telah menyusun semua gerakan 'senam' ini, kurang sempurna apa gerakan 'senam' ini untuk anda lakukan?

Itulah beberapa gerakan shalat yang bermanfaat pada kesehatan. Ternyata gerakan tersebut juga ada di gerakan senam bukan? Jadi, untuk orang yang shalat, anda bisa beribadah dan bersenam 5 kali sehari. Masih merasa rugikah anda menyisakan waktu beberapa menit saja untuk shalat? Masih mau meninggalkan shalat sementara ini bagus juga nyatanya bagi kesehatan anda?

Loading...