Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Kenapa Baret Kopassus, Kostrad Miring ke kanan tapi Brimob dan PM ke Kiri?

Baret adalah semacam topi atau penutup kepala bundar. Biasanya digunakan dalam posisi militer atau tentara. Ada juga yang digunakan oleh polisi (brimob) dan anak pramuka Terlihat sekilas tanpa di sadari mungkin anda berpikir sama saja, beda di warna saja.
macam macam baret

Warna warna Baret

Masing masing angkatan memiliki warna baret tersendiri. Baret merah biasa digunkan Kopassus. Baret Jingga digunakan oleh Paskhas AU. Baret Hijau digunakan oleh Kostrad. Sementara baret hitam digunakan oleh Kavaleri. Lebih lengkap bisa dilihat pada gambar di atas.

Masing masin warna tentu punya arti tersendiri bagi kesatuannya. Melambangkan filosofi tertentu dari kesatuan tersebut. Sekarang kita tidak mempermasalahkan warna. Coba diperhatikan antara Brimob dan  Kostrad. Selain warna bisa dilihat miring baret tersebut ternyata beda. Satu ke kiri dan satu lagi ke kanan. Apa beda miring baret ke kiri dan ke kanan?

Beda Baret Miring ke Kiri dan Miring Ke Kanan

Ternyata miringnya baret tersebut bukan asal asalan. Ada kode khusus mengenai arah miring baret. Bukan berarti ke kanan benar dan ke kiri salah atau sebaliknya.

Baret ini hanya dikenakan oleh pasukan yang berfungsi ke medan tempur. Polisi (kecuali brimob) tidak pakai baret, artinya tugas polisi bukan untuk bertempur, untuk menciptakan dan menjaga rasa aman masyarakat.

Kembali ke arah miringnya baret. Baret yang miring ke kiri artinya baret yang dimilik kesatuan atau tentara yang berfungsi untuk fungsi keamanan dan pengamanan serta penegakan hukum. Contohnya brimob, atau  PM (polisi militer). Tugas kesatuan tersebut adalah menegakkan hukum.

Kemudian perhatikan baret milik Kopassus, Paskhas AU ataupun Kostrad. Baret mereka miring ke kanan. Fungsi baret ini menunjukkan kode bahwa mereka adalah pasukan siap tempur. Kesatuan kesatuan baret kiri tugasnya lebih pada penyerangan ataupun pertahanan dari gempuran. Intinya mereka pasukan tempur.

Kemudian perhatikan juga nih buat anak pramuka. Baretnya miring ke kanan. Apa mereka pasukan tempur juga? Jawabannya iya, dari sejarah pramuka ini disiapkan sebagai pasukan cadangan dalam pertempuran ada zaman perang dulu. Sekarang tahukan beda baret yang miring ke kanan dan ke kiri?

Loading...