Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Buat Para Pelajar Wajib Tahu Jenis Beasiswa Berikut

Beasiswa atau dikenal dengan istilah umum scholarship menjadi sebuah pendukung dan motivasi untuk berprestasi. Dengan adanya bantuan biaya pendidikan ini akan membuat kamu lebih giat untuk belajar demi mendapatkan 'uang bantuan' dalam menunjang pendidikan. Tapi sebelum mendapatkan beasiswa tersebut barang nyata seharusnya mengenal apa saja jenis jenis beasiswa yang bisa didapatkan. Bukan hal rahasia lagi jika masing masing beasiswa memiliki target, tujuan, sasaran tertentu. Untuk itu berikut ini penjelasan mengenai macam macam beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa.
scholarships program

Beasiswa Berdasarkan Sasaran

Sasaran disini maksudnya adalah tujuan dari pemberi beasiswa. Masing masing pihak pemberi beasiswa memiliki alasan tersendiri dalam membuat sebuah program beasiswa. Untuk itu berdasarkan sasaran atau tujuan pemberian beasiswa bisa dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu beasiswa prestasi dan beasiswa untuk pelajar/mahasiswa kurang mampu.

Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini diperuntukkan sebagai penghargaan kepada pelajar atau mahasiswa yang berprestasi. Tidak peduli apakah berasal dari keluarga mampu atau tidak mampu. Yang penting memiliki prestasi maka kamu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa ini. Prestasi ini bisa saja berupa prestasi akademis ataupun non akademis.

Untuk beasiswa prestasi akademis diberikan pada pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademis atau prestasi dibidang belajar/keilmuan yang di pelajari. Dalam mendapatkan calon penerima biasaya akan diseleksi dengan ketat berdasarkan nilai rapor (bagi siswa) dan Indeks Prestasi (bagi mahasiswa). Contoh beasiswa ini adalah beasiswa PPA (penunjang prestasi akademik). Terkait : Cara Mengurus beasiswa PPA dan BBM Terbaru.

Beasiswa Prestasi non Akademik

Beasiswa ini diberikan pada pelajar atau mahasiswa yang berprestasi diluar belajar atau diluar keilmuan yang didalaminya. Contohnya seorang murid SMA, berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga bulu tangkis. Maka pihak pemerintah daerah, memberikan beasiswa sebesar sekian juta.

Syarat untuk menerima mahasiswa ini tentu harus memiliki prestasi dibidang tertentu. Bagi yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus mengembangkan bakat dan hobi agar berprestasi dan mendapatkan penghargaan berupa beasiswa.

Beasiswa untuk Anak Kurang Mampu

Bantuan beasiswa ini diberikan pada pelajar atau mahasiswa yang orang tua-nya kurang mampu secara ekonomi. Pemberian beasiswa ini akan mempertimbangkan tingkat ekonomi si penerima. Syarat umum dalam pengurusan beasiswa ini biasanya dengan melampirkan surat keterangan kurang mampu dari Desa domisili.

Seleksi untuk penerima ditentuka oleh penghasilan orang tua, kondisi ekonomi dan tanggungan orang tua. Contoh beasiswa ini seperti beasiswa BBM.

Jenis Beasiswa Berdasarkan Sistem

Berdasarkan sistemnya pemberian beasiswa pada pelajar atau mahasiswa bisa dibedakan menjadi dua macam. Beasiswa penuh (Full Scholarship) dan Beasiswa Partial Scholarship

Beasiswa penuh / Full Scholarship diberikan untuk menanggulangi semua kebutuhan belajar pelajar atau mahasiswa. Semua tanggungan meliputi biaya pendidikan, biaya tempat tinggal, biaya hidup dan lainnya. Biasanya ini diberikan kebanyakan untuk tingkat magister dan doktoral ke luar negeri. Bahkan beberapa penyedia beasiswa juga memberikan tanggungan untuk biaya perjalanan / tiket pesawat ke luar negeri ditambah biaya tanggungan keluarga apabila yang bersangkutan telah menikah.

Beasiswa setengah penuh / Partial Scholarship diberikan untuk menunjang kebutuhan dana pelajar atau mahasiswa. Beasiswa ini hanya menanggung beberapa jenis kebutuhan selama masa study saja. Seperti biaya pendidikan saja (uang kuliah/uang sekolah). Hal lain seperti biaya hidup tidak menjadi tanggungan si pemberi beasiswa.

Beasiswa Berdasarkan Sumber

Berdasarkan sumber dana beasiswa maka bisa dikelompokkan menjadi beasiswa dari pemerintah dan beasiswa dari non-pemerintah. Beasiswa dari pemerintah (Goverment Scholarship) diberikan dari sebuah lembaga pemerintah. Misalkan beasiswa Bidik Misi dari DIKTI.

Dari pihak non pemerintah sumber beasiswa bisa saja berupa dari sebuah perusahaan, sebuah yayasan atau organisasi tertentu. Beasiswa ini bertujuan membantu pendidikan, dan adapula beasiswa tipe ini diberikan oleh perusahaan bagi yang berprestasi dan kemudian diikat dengan kontak kerja setelah lulus. Sejatinya tipe beasiswa ini memang tidak merugikan, setelah lulus kuliah sudah pasti ditampung kerja, tentu ini merupakan manfaat combo bagi kamu. Contoh beasiswa dari yayasan atau perusahaan seperti beasiswa PT Djarum, Beasiswa BRI, Beasiswa Toyota Astra.

Demikian ulasan singkat mengenai jenis jenis beasiswa. Kesimpulan dari uraian di atas adalah agar kamu bisa mengenali kemampuanmu dan menargetkan jenis beasiswa apa yang kamu inginkan sesuai dengan kriteria yang memenuhi.

Loading...