Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tutorial Menggunakan VPN di Android

VPN adalah singkatan dari virtual private network. Teknologi ini merupakan bagian dari teknologi tunnel yang terdiri dari PPTP, L2TP dan IPSec. Secara sederhana teknologi tunnel adalah teknologi dimana kita berada pada jaringan dan didalam jaringan tersebut kita membuat jaringan lainnya.

Kegunaan VPN ini adalah untuk browsing dengan menggunakan anonim. Ini ditujukan untuk keamanan data ketika browsing.Ketika browsing, maka asal jaringan akan tersamarkan.Sehingga tak bisa dikenali dan lolos dari kawalan internet positif, kominfo. Sekiranya anda tahu maksud saya bukan? Buat apa lolos dari internet positif dan kominfo? Untuk mulai menggunakan VPN ini ada dua cara. Cara pertama dengan bantuan aplikasi dan cara kedua dengan settingan manual.

Cara Setting VPN dengan Bantuan Aplikasi

Untuk menggunakan VPN di ponsel Android dengan bantuan aplikasi anda harus download aplikasi di Google Playstore terlebih dahulu. Cara ini cukup mudah. Banyak aplikasiVPN di Playstore. Tetapi untuk kali ini kita ambil sampel aplikasi Hotspot Shield VPN Proxy. 

Untuk memulainya siapkan ponsel android anda. Seperti ketika ingin menambahkn aplikasi, bukalah playstore. Ketikkan keyword pada pencarian sesuai nama aplikasi di atas. Aplikasi tersebut diunduh, kemudian lakukan settingan seperti gambar di bawah ini.
cara memakai vpn
Click to Zoom Picture
Pengunduhan yang selesai dilanjutkan dengan menyalakan settingan Set On pada menu Full Protection. Nantinya, sebuah peringatan muncul untukpersetujuan dan kepercayaan aplikasi ini. Tugas yang harus dilakukan tinggal memberikan centang.

Beberapa saat akan ada seperti loading seperti ditunjukkan gambar ke-tiga. Sabarkan diri Anda hingga nanti akan tampil perubahan warna menjadi hijau. Seperti yang ditunjukkan gambar ke-4. Jika sudah, artinya selamat anda sukses. Cara ini juga bisa digunakan untuk OS iOS atau para pengguna iPhone, iPad. Bedanya adalah, anda harus download aplikasi di Appstore.

Cara Aktifkan VPN tanpa Aplikasi

Berikutnya jika ponsel Android yang anda miliki memiliki spesifikasi RAM atau memori kecil atau sudah terlalu banyak instal aplikasi. Maka ada solusi lain. Tetapi, solusi ini terbilang agak rumit. Kenapa? Mari kita lihat caranya dulu.
Cara mengatur VPN di Android
Click to Zoom Picture
Bukalah menu Setting / Pengaturan pada ponsel Anda. Kemudian cari sub menu wireless and Network. Temukan more dan di sana akan terlihat menu VPN. Pada halaman yang terbuka, cari kata VPN profile.  type yang akan kita gunakan adalah PPTP. Untuk VPN Name dan Server Address anda harus mencari nama dan alamat server situs www.vpnbook.com. Jangan lupa pada situs tersebut pilih juga tipe PPTP.

Pada situs tersebut terdapat banyak name dan server address. Tersedia juga username dan password yang harus dimasukkan ketika ingin menggunakan VPN di ponsel. Inilah bagian yang cukup merepotkan. Anda harus selalu ingat password dan username.

Untuk tidak repot BPO lebih menyarankan mengunakan cara pertama saja. Anda tidak repot mengatur ini itu lalu mencari alamat server, atau mengingat username atau password. Tetapi, semua tergantung pilihan anda juga, mau cara pertama atau cara kedua. Semoga informasi tutorial menggunakan VPN ini bisa bermanfaat.

Loading...