Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tarif Pasang Iklan di TV

TV atau televisi adalah media elektronikyang sekarang paling banyak dikonsumsi layanannya oleh masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi sebuah media paling mearik untuk berpromosi dalam bentuk memasang iklan bagi pelaku bisnis.
Semakin banyaknya permintaan iklan yang ingin ditayangkan tentu akan meningkatkan harga untuk memasang iklan di TV itu sendiri. Bahkan beberapa stasiun TV memiliki kriteria tersendiri untuk mematok biaya iklan. Beberapa hal yang menjadi penentu tarif iklan di TV adalah jam tayang, jenis acara, posisi iklan dan rating siaran. TerkaitCara Menghitung Rating Siaran TV Indonesia.

Berbicara tentang rating siaran, semakin tinggi rating siaran TV mengindikasikan bahwa penonton acara tersebut banyak. Otomatis, harga iklan disela acara tersebut sangat tinggi. Jenis siaran ditentukan apakah siaran tersebut live atau tidak. Biasanya untuk kategori siaran live, biaya iklan lebih mahal.

Tentang jam penayangan, ini berkaitan erat dengan jumlah penonton. Untuk jam santai seperti jam 6 sore hingga 12 malam, biaya iklan tertinggi. Sementara pada jam tidur atau jam sibuk kerja, biaya iklan sedikit lebih rendah. Terakhir mengenai posisi iklan adalah apakah iklan ditampilkan pada awal acara, tengah acara atau pada sesi akhir. Hal ini dipertimbangkan karena jika pada akhir acara tentu penonton sudah hampir bubar, artinya biaya iklan bisa lebih murah dibanding ditengah acara.

Tarif tersebut juga bisa dipengaruhi oleh hari. Misalkan untuk hari libur atau tanggal merah. Dengan asumsi penonton lebih banyak tentu harga iklan bisa saja dinaikkan. Kemudian, untuk program tertentu, misalkan siaran bola Liga Champions, pada malam hari pada jam 00-04 tentu biaya iklan lebih mahal. Mengingat siaran tersebut pasti ditonton oleh banyak orang.

Untuk TV lokal mungkin biayanya masih tergolong murah. Namun pada kesempatan ini akan dilihat tarif iklan untuk TV Nasional saja.

Namun interval harga pemasangan iklan di TV dilihat dari jam tayang, bisa diperkirakan tarifnya sebagai berikut:
cara pasang iklan di tv
Keterangan: *Harga untuk 30 detik **Harga dalam Juta. ***Harga Bisa berubah sesuai rating, posisi iklan, jenis siaran.

Itulah kisaran tarif iklan di TV. Terbayangkan 30 detik iklan saja pemasukan pemilik TV sudah sekian banyaknya. Bagaimana tertarik untuk memasang iklan di TV? Atau tertarik untuk memiliki stasiun TV?

Loading...