Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Wah... Ternyata Penemu 4G dari Indonesia

Awalnya ditertawakan karena idenya tidak masuk akal. Ketika pertama kali dipresentasikan tentang ide yang dimilikinya dia malah dianggap mengkhayal saat itu di Hokkaido, Jepang. Selanjutnya dia mengenalkan ide tersebut ke negeri Kanguru, Australia. Hasil yang didapat sama, ditertawakan.

Siapakah dia? 

Anwar, Inspirator Penemu 4G
Seorang pria yang berasal dari Kediri, Anwar.Dilahitkan di Kediri tanggal 22 Agustus 1978. Anwar tidak berasal dari keluarga yang mapan atau keturunan ningrat. Ayahnya, Sudjiarti dan ibunya Siti Patmi bekerja sebagai buruh Tani. Kebutuhan hidup dipenuhi dengan menggarap sawah di dusun Anwar, Jabon, desa Juwet di kecamatan Kunjang. Masa kecilnya sering dihabiskan untuk mencari rumput untuk ternak sepulang sekolah.

Walaupun akrab dengan suasan desa, sawah bukan berarti Anwar tidak ingin maju. Kemauan-nya terlihat dari hobinya membaca buku tentang Einstein dan Michael Faraday. Dua tokoh tersebut yang menjadi inspirasi Anwar.

Tidak semua aspal mulus, pada tahun 1990 ayah meninggal dunia. Anwar ketika itu masih duduk di sekolah dasar. Meskipun kehilangan pencari nafkah namun ibunya tetap mendukung Anwar untuk bersekolah. Sebuah kalimat dari ibu-nya.
Nak, kamu tak usah ke sawah lagi. Kau akan ku sekolahkan setinggi mungkin, hingga tak ada lagi sekolah yang tinggi di dunia ini.
Pendidikan Anwar dilanjutkan di SMP 1 Kunjang, lalu SMA 2 Kediri. Pendidikan selanjutnya diteruskan ke ITB (Institut Teknologi Bandung) di jurusan Teknik Elektro. Pada tahun 2000 Anwar lulus kuliah sebagi salah satu lulusan terbaik.

Anwar berniat melanjutkan pendidikan. Dia berkeinginan kuliah di Tokyo dalam program beasiswa Panasonic. Namun, nasib tidak berpihak pada Anwar. Beasiwa tidak jebol. Namun, Anwar tetap melanjutkan pendidikan di NAIST (Nara Institute of Science and Technology). Di sanalah dia mulai mengembangkan teknologi transmitter. Terkait :Tips Mencari dan Mengurus Beasiswa di Universitas.

Asal ditemukannya Teknologi 4G

Anwar membahas tentang catudaya atau power pada wifi. Ini dilatar belakangi ketika dia mengakses wifi kadang catu daya tersebut tidak stabil. Kadang kuat dan kadang lemah. Anwar mencoba mengemukakan solusi dengan penggunaan Algorithm Fast Fourier Transform berpasangan (FFT).

FFT adalah sebuah bahasa pemograman/algoritma yang dipakai untuk mengolah digital-signal. Anwar memasangkan FFT dengan FFT yang asli. Anwar berasumsi awal bahwasanya catudaya bisa saling menguatkan dan stabil.

Ide tersebut yang ditertawakan oleh para ahli lain. Ahli lainnya berpendapat FFT yang berpasangan akan saling menghampakan. Ditolak di Jepang, ditolak di Australia, akhirnya dia mempresentasikan ide tersebut di Amerika Serikat (US).

Berbeda dari 2 negara sebelumnya, ide tersebut mendapatkan respon positif dari ilmuwan Amerika. Ide tersebut akhirnya mendapatkan hak paten dengan nama Transmiter and Receiver. Itulah yang dikenal dan banyak digunakan sekarang. Fourt Generation Long Term Evolution atau disingkat 4G LTE. Yang lebih menakjubkan, ide tersebut akhirnya menjadi standar telemkomnikasi ITU (International Telecommunication Union) di Swiss.

Selang dua tahun, prinsip tersebut diterapkan di satelit. Akhirnya, bisa dinikmati sekarang oleh semua orang. Kita bisa berkomunikasi dengan signal yang lebih stabil.

Tahukah anda, prinsip kerja jaringan 4G temuan Anwar ini diinspirasi oleh film Dragon Ball. Jurus dari Son Goku yang mengeluarkan ilmunya. Bagi penggemar Dragon Ball pasti tahu jurus Genkidama dimana Goku membuat sebuah bila namun tidak menggunkan energinya, melainkan dengan mengambil energi yang terkumpul dari alam.

Setelah bola tersebut penuh baru diarahkan ke lawannya. Jurus ini yang digunakan ketika mengalahkan Bezita. Demikian juga penerapan 4G ini, agar bisa digunakan secara maksimal maka technology 4G ini mengambil daya tenaga dari luar dirinya. Terkait Apa yang Dimaksud Jaringan VoLTE, Ini Jawabnya.

Loading...