Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Kenali Beda http dan https Saat Browsing

Ketika anda browsing jika teliti akan menemukan alamat pada website di awali dengan http. Pada lain kasus juga akan ditemukan awalan alamat url dengan https. Apa anda berpikir apa perbedaan antara dua http dan https ini?
beda http dan https

Apa itu http?

Kata http merupakan singkatan dari hypertext transfer protocol. Ini merupakan protokol pada lapisan jaringan pada sebuah sistem informasi yang tersalurkan,kolaboratif. Sumber tersebut akan membentuk kesatuan yang membentuk world wide web (www). Tipe ini ditemukan oleh Bernes Lee pada tahun 1990, seorang ahli fisika dari Inggris. Sistem informasi ini terhubung antara suatu komputer ke web server. Perangkat yang digunakan akan melakukan permintaan sambungan dengan kode permintaan seperti alamat website. Kemudian server akan melakukan pengolahan permintaan, berdasarkan kode protokol tersebut (alamat url) dan menampilkan halaman yang diminta.

Setiap perintah yang diberikan, pada http dijalankan dengan bebas. Sesi pada http ini berdasarkan transaksi permintaan dan tindak balik jaringan. Proses kerjanya dimulai dengan permintaan lalu akan terbentuk transmisi yang dikenal dengan transmisi control protocol (TCP) pada sebuah port. Port tersebut tersimpan pada sebuah hostingan

Apa itu https?

Hampir sama dengan http, penambahan huruf s memiliki tambahan kata security. Layanan ini lebih aman dari http. Tiper https ini ditemukan oleh perusahaan Netscape Communication Corporation. Jaringan ini menggunakan SSL (Secure Socket Layer) dan TSL )Transport Layer Security. Halaman http akan di-enskripsi lalu akan dikembalikan padabentuk awal ketika terjadi permintaan.Semua dilakukan oleh web server.

Keamanan ini dimaksudkan untuk melindungi dari serangan eavesdroppers dan man in the middle attack. Berbeda dengan http yang menggunakan port 80 atau port 8080, https ini menggunakan port 443. Level keamanan bergantung pada bagiman meng-implementasikan web dan software, tetapi akan didukung oleh algoritma sandi yang terbaru.

Menggunakan https akan menjmin autentifikasi oleh server. Ini akan menjamin bahwa peminta data mendapatkan dari sumbernya langsung. Data bisa dipastikan asli dan original. Sementara itu, ketika penggunaan http, bisa saja disusupi oleh orang lain.

Perbedaan http dan https

Perbedaan yang dapat dilihat dari http dan https ini adalah penggunaan port. Telah dijelaskan bahwa http menggunakan port 80 dan https mengunakan port 443. Dalam menggunakan https komunikasi terjadi langsung dari peminta data dan server alias sifat informasi langsung dua arah.

Pada pengunaan http, belum dilakukan enskripsi data. Hal ini rentan akan serangan susupan. Komunikasi yang terjadi berjalan menyebar dan tidak 2 arah saja.

Kelebihan Menggunakan https

Dari penjelasan di atas sudah terlihat jelas apa saja keunggulan https dibanding http. Penggunaan https lebih aman. Dengan komunikasi langsung antara server dan consumer maka bisa dicegah adanya penyusupan.

Sementara bagi pengguna data, pengunjung website dan penerima informasi selain merasa lebih aman ini juga bisa menerima data yang valid dan terpercaya dari sumber server. Makanya rata rata website bisnis, toko online, situs perbankan (internet banking, paypal) menggunakan protokol https ini.

Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan https pada akun yang sifatnya privasi seperti internet banking adalah, covering https nya se-dalam apa. Seharusnya digunakan halaman beserta perangkat halaman seperti form pada halaman dengan https. Apabila url halaman https, form masih http (lihat ketika mau log in) ini sama saja dengan tidak. Di khawatirkan akan bisa disusupi oleh pihak tertentu karena sandi dan informasi pada form tak di- enskripsi. Hal kecil ini penting diperhatikan demi keamanan data anda. Ketika menggunaka layanan internetbanking atau eCommerce lainnya pastikan halaman dan form log in benar benar https semuanya.

Loading...