Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Apa yang Dimaksud Jaringan VoLTE, Ini Jawabnya

Perkembangan jaringan internet 4G LTE lagi tren saat ini. Rata rata ponsel keluaran terbaru telah menggunakan jaringan ini. Jaringan ini sendiri merupakan perkembangan dari teknologi jaringan 3G. LTE sendiri merupakan singkatan dari Long Term Evolution. Jaringan tersebut akan mempermudah pengguna berkomunikasi dengan kualitas kecepatan yang tinggi.

VoLTE itu apa?

Penjelasan LTE telah disampaikan di atas. Kemudian ada yang disebut dengan VoLTE. Jika anda membeli ponsel Smartfren terbaru, pasti akan terlihat ada menu tersebut. VoLTE adalah singkatan dari Voice Long Term Evolution. Penggunaan VoLTE akan menghasilkan suara yang jernih ketika melakukan panggilan telepon.
kegunaan jaringan volte smartfren

Bagaimana Penggunaan Jaringan LTE ini?

Salah satu operator yang giat mengenalkan teknologi ini adalah Smartfren. Menurut Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahada Prabowo sejauh ini pengguna VoLTE baru bisa menggunakan sesama pengguna jaringan 4G saja. Jika Anda menggunakan Smartfren, opsi pengaturan harus pada LTE Only.

Cara setting jaringan ke LTE Only ini adalah dengan memilih Pengaturan - Lainnya - Jaringan Seluler -aktifkan Mode 4G LTE. Penggunaan ponsel non- 4G bisa saja menerima/melakukan panggilan pada ponsel 2G/3G. Hanya saja, kejernihan suara seperti yang dijanjikan tidak sejernih antar sesama pengguna VoLTE. Kemudian, khusus untuk pengguna Video Call. Antara pengguna 2G/3G tidak bisa melakukannya. Baca juga : Biografi Penemu Sinyal 4G, Orang Indonesia Loh.

Handphone (HP) apa saja yang bisa Menggunakan VoLTE?

Selanjutnya akan jadi pertanyaan hp apa saja yang bisa memakai VoLTE? Pertama tentu adalah ponsel keluaran smartfren. Di samping itu ada beberapa hp lainnya yang bisa mendukung jaringa VoLTE ini. Berikut daftar hp yang mendukung VoLTE yang dikutip dari kompas.com.
  1. Ponsel keluaran smartfren terbaru seperti Andromax R2, Andromax E2. 
  2. Untuk jenis keluaran Samsung, Samsung Galaxy S7 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge +, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy seri J, Samsung Galaxy A series (A3, A5, A7, A8). 
  3. Sony Xperia Z3 Compact. 
  4. Asus Zenfone 2 Hisense Pureshot
  5. Lenovo A6010, Nexus 6 Oneplus
Syarat utama dalam pengunaan VoLTE ini sementara harus menggunakan kartu keluaran Smartfren. Setelah itu pengguna juga harus  install aplikasi VoLTE Smartfren yang bisa di download di Playstore. Terakhir informasi tambahan, melakukan panggilan VoLTE ini tidak akan mengambil dari paket data pengguna. Saat melakukan panggilan,biaya diambil dari pulsa, sama seperti melakukan panggilan telepon biasa.

Loading...