Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Menghasilkan Uang Dari Program Afiliasi

Sering pastinya bagi yang akrab dengan internet mendengar istilah afiliasi. Kali ini BPO akan membahas mengenai afiliasi itu apa, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara mengoptimalkan pendapatan dari program ini. Untuk tahap perkenalan kita akan paparkan apa itu afiliasi dan jenis program afiliasi terlebih dahulu.

Pengertian dan jenis Program Afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah strategi pemasaran dengan tujuan memperluas jaringan dalam hal marketing dengan memaksimalkan cabang yang teringrai dalam sebuah program afiliasi. Dalam hal ini akan melibatkan dua pihak, pihak pertama yaitu perusahaan yang menyediakan program ini (pemilik produk/jasa) biasanya disebut sebagai affiliate merchant. Pihak kedua yaitu affiliate marketer, yaitu pihak yang ikut serta dalam program afiliasi yang kerjanya turut serta dalam pemasaran produk dari merchant.

Afiliasi ini termasuk salah satu bisnis online yang mudah untuk diikuti. Seorang yang bergabung dengan program ini tidak harus memiliki produk, pengelolaan serta layanan pelanggan. Tugas yang mengikuti program ini hanya sebatas pemasaran (marketing). Dalam melakukan pemasaran bisa saja marketer memasang tools promosi pada blog,website, memasang iklan pada program program periklanan online. Marketer akan mendapatka komisi ketika seseorang melakuka transaksi jika melalui tautan afiliasi-nya. Selain itu untuk bergabung dengan program ini tentu saja gratis.

Program afiliasi ini memiliki bebebrapa jenis. Sehendaknya yang ingin mengikuti program ini harus paham akan jenis program yang akna di ikuti agar tidak terjadi sebuah kesalah pahaman nantinya. Beberapa jenis program afiliasi bisa diklasifikasikan sebagai berikut,:
  1. Pay Per Sale (PPS)
    Pay Per Sale atau biasa disingkat PPS adalah program afiliasi yang memberikan komisi kepada affiliate marketer jika ada produk yang terjual ketika pembeli melakukan pembelian melalui tautan afiliasi dari afiliate marketer ini. Untuk program ini biasanya akan diberikan komisi bagi afiliate berkisar antara 30% hingga 70% dari harga produk. Ilustrasi sederhananya, misalkan anda memasang banner promosi di suatu blog, kemudian pengunjung blog tertarik dan klik banner tersebut. Pengunjung akan di direct ke-halaman seller dan melakukan pembelian, maka anda akan mendapat komisi. Sistem ini telah dirancang dengan teknologi sehingga setiap pembeli yang berasalah dari hasil promo anda akan terdeteksi dengan sendirinya.

  2. Pay Per Lead (PPL)
    PPL adalah program afiliasi yang memberi komisi kepada affiliate marketer ketika merekansukses mereferensikan pengunjung yang berasal dari tautan afiliasi marketer,untuk menjadi anggota affiliate merchant. Komisi biasanya akan lebih besar jika mereka melakukan upgrade keanggotan.. Program PPL biasanya berasal dari perusahaan asuransi, finance dan keuangan lain.

  3. Pay Per Click (PPC)
    PPC merupakan program afiliasi yang memberi komisi jika ada pengunjung yang mengklik link afiliasi atau iklan yang kita tampilkan pada blog/ website kita. Jadi marketer akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang klik tautan afiliasi si marketer. Brebicara kemungkinan tentunya dengan semakin banyaktautan yang dipasang dan dipromosikan, akan meningkatkan kemungkinan klik serta mendapatkan komisi bagi si marketer. Besar kecilnya komisi akan tergantung pada jumlah klik dan nilai klik untuk satu tautan.

  4. Pay Per Download (PPD)
    PPD merupakan jenis program afiliasi yang memberikan marketer komisi jika ada pengunjung yang melakukan download elalui tautan dari hasil referensi marketer. Biasannya ini untuk perusahaan perusahan yang bergerak dibidang penyediaan program software. Seperti sebuha perusahan yang bergerak di bidang software, aplikasi, games, file, free report, dan produk lainnya yang dimungkinkan untuk diunduh.

Strategi Mengikuti Program Afiliasi


Mengikuti program afiliasi biasanya sudah lumrah dilakukan oleh pemilik website atau blog. Pada website atau blog akan bisa dipasang beragam tools promosi yang telah disediakan oleh affiliate merchant. Namun beberapa program afiliasi juga bisa dilakukan tanpa harus memiliki situs/blog sendiri. Untuk kali ini BPO akan batasi program afiliasi bagi pemilik blog/website saja dulu.

Syarat utamanya tentu harus memiliki blog/website terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa mendaftarkan diri dari berbagai program afiliasi seperti Amazon, Lazada, Gramedia, Pegi-Pegi. Pemilihan program afiliasi yang akan diikuti tentu saja sebisa mungkin disesuaikan dengan konten blog. Jika mengenai pakaian maka ikutilah program dari Amazon dan Lazada misalnya. Jika membahsa tentang wisata,travelling maka disarankan mengunakan pegi-pegi karena mereka bergerak dibidang perhotelan dan ticket.

Hal ini tergolong penting dengan adanya sinkronisasi antara produk dan konten blog, tentu ketika seorang pengunjung yang sampai diblog ada merupakan pengunjung yang benar-benar lagi membutuhkan informasi tentang bahasan. Niscaya mereka akan tertarik setidaknya dengan iklan program afiliasi anda. Ini akna meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli bukan?

Hal berikut yang harus diperhatikan adalah kualitas konten pada blog. Dengan konten yang berkualitas tentu pengunjung akna menilai keseriusan anda dalam mengetahui dan menjelaskan permasalahan yang dibahas. Secara tidak langsung akan meningkatkan 'kepercayaan' pada blog anda. Imbasnya tentu mereka tidak akan ragu dengan promosi yang anda tawarkan dari afiliate merchant anda.

Terakhir anda juga melakukan optimasi SEO. Tujuannya adalah agar blog/website anda akrab dan menjadi top indeks pada mesin pencarian. Tak lain maksudnya tentu meningkatkan pengunjung ke blog/website anda sehingga kemungkinan yang melihat promosi anda tentu lebih banyak. Di samping itu juga harus diperhatika desain blog/website semenarik mungkin dan penempatan tools promosi yang pas. Pastikan  semua pengunjung melihat banner promosi yang dipasang diblog/website.

Loading...