Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Lepas Online

Pemilik hobi menulis tentu akan istimewa sekali. Bisa mengembangkan gagasan dan menyampaikan ide-ide melalui tulisan. Kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan secara online. Caranya yaitu dengan menjadi penulis lepas suatu website atau blog. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, banyak para pengusaha blog menyewa para penulis lepas untuk mengisi blog dan website mereka. Tentu saja ini untuk meningkatkan konten blog yang mereka kelola sehingga menjadi media yang bisa dimonetisasi nantinya. Lalu apa saja syarat-syarat untuk menjadi penulis lepas di media internet ini. BPO akan memberikan beberapa syarat umum yang harus dimiliki sang penulis.

Syarat-syarat Menjadi Penulis Lepas

Syarat pertama untuk menjadi seorang penulis tentu saja harus memiliki minat menulis. Memang menulis itu gampang menurut orang awam. Tetapi menulis di sini tidak sekedar menulis apa yang telah ada. Jika hanya sekedar menulis dalam pemikiran awam itu sama saja dengan anak SD. Beberapa hal harus dipertimbangkan dalam penulisan sebuah artikel. Seperti alur penulisan yang gampang untuk dipahami oleh pembaca maksud dan tujuan artikelnya.

Berikutnya seorang penulis haruslah mencintai topik yang akan ditulis. Tidak hanya sekedar mencintai topik saja, tapi juga harus menguasai topik topik yang akan ditulis. Ini bertujuan jangka panjang jika nanti artikel yang ditulis menjadi topik yang populer, sang penulis bisa menulis sendiri kelanjutan atau topik yang relevan dengan topik yang pernah ditulis sebelumnya. Lanjut ke syarat berikutnya, seorang penulis online seharusnya memiliki visi originalitas. Sebuah karya yang benar benar dari diri sendiri tentu akan sangat dihargai. Ya mungkin saja kita menulis hal yang serupa dengan orang lain temanya, tetapi tulislah dengan gaya penulisan, dan pemahaman sendiri. Jangan pernah copy-paste secara total sebuah artikel milik orang lain. Mengingat ini sebuah dosa, tentu ini akan mengurangi respect tulisa yang ditulis. Bahkan bisa jadi jika di cap sebagai plagiator, diri anda akan menjadi tak dihargai lagi.

Selain itu seorang penulis harus memiliki wawasan yang luas. Sifat keingin tahuan yang luas juga penting dikembangkan. Artinya seorang penulis akan selalu terbuka dengan informasi terbaru, hal ini bisa di dapat dengan lebih banyak membaca. Mustahil akan berkembang jika tidak banyak membaca. Dari hal sebelumnya juga perlu didukung pemahaman akan ejaan dan gaya penulisan. Beberapa situs/blog yang membeli artikel mengharuskan penulisan dengan ejaan yang benar (EYD untuk Indonesia). Berikan tata bahasa yang mudah untuk dipahami oleh pembaca nantinya.

Lebih terfokus untuk menjadi penulis lepas, sebaiknya seorang penulis harus bisa menganalisa kebutuhan si-pembaca. Dengan demikian penulis akan lebih mengerti pasar artikel yang akan laris dan berharga untuk ditransaksikannantinya. Hitung punya hitung tentu akan mempengaruhi hasil yang didapat nantinya. Untuk mencari informasi pasar tentunya bisa di analisa dengan topik tren yang lagi laris di pasaran. Artikel apa saja yang memiliki topik pencarian paling sering di mesin pencari.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan bertanggung jawab. Semua tulisan yang telah ditulis harus dipertanggung jawabkan secara konten apakah benar benar original. Jika saja suatu saat ada kontroversi atau masalah baik dengan pembeli ataupun masyarakat si penulis siap mempertanggung jawabkan isi tulisannya. Jika nanti telah punya pelanggan tetap juga penting diperhatikan kesiapan dan ketepatan waktu penyelesaian sebuah artikel sesuai pesanan si pembeli.

Cara Menghasilkan Uang Sebagai Penulis Lepas

Memulai menghasilkan uang dalam kegiatan jual beli artikel tentu saja tujuan terpentingnya orang yang akan membeli hasil tulisan. Ini tentu akan membutuhkan suatu relasi untuk memperkenalkan diri dan berpromosi. Hal ini mungkin saja bisa dilakuka secara mandiri dengan mempromosikan skill di berbagai media sosial. Secara offline bisa saja diusahakan dengan mencari teman atau relasi yang mengelola suatu website atau blog.

Jika sulit untuk menemukan relasi, jangan berputus asa dulu. Sekarang juga banyak website yang menyediakan jasa jual beli artikel. Situs tersebut bisa dicari di mesin pencari kok, tinggal diketik saja keywordnya. Salah satu website yang BPO tahu tempat jual beli artikel adalah jualbeliartikel.com. Di sana ada penjelasan lebih lanjut bagaimana untuk bergabung menjadi anggota yang bisa menjual artikel. Sebagai gambaran umum situs tersebut menerapkan sistem bagi hasil 70:30 dari hasil penjualan artikel. Perhitungan sederhaanya jika suatu artikel terjual Rp.100.000,- maka si penulis akan mendapatkan hasil Rp.70.000,- dan Rp.30.000,- untuk pemiliki website jualbeliartikel.com. Biaya tambahan lain adalah biaya editor sekitar Rp.1000,- untuk satu artikel. Lumayan untuk seorang penulis pemula. Namun alangkah baiknya jika memiliki kemampuan menulis dengan bahasa asing. Tentu peluang untuk menjual artikel tidak hanya di dalam negeri saja.

Beberapa blog pribadi juga ada yang memiliki ruag untuk penulis lepas. Aktiflah pada bagian-bagian tersebut. Mungkin beberapa ada yang membayar dengan syarat dan ketentua yang telah disepakati, dan ada juga yang mungkin free. Untuk pertama ikuti saja yang free, setidaknya ini akan menjadi media promosi bagi kemampuan anda. Anggap saja itu demo dari writing-skill yang anda miliki. Siapa tahu ada yang tertarik.

Membahas mengenai biaya atau harga yang akan dibayar pembeli. Relatif berbeda-beda harga dari suatu tulisan. Tergantung ketertarikan sang pembeli dan mau atau tidaknya sang penulis melepas dengan harga sekian. Bocoran dari BPO bayaran termahal tentu saja dari sebuah artikel dari review produk tertentu. Namun secara umum standar harga artikel itu rata rata sebagai berikut.
Untuk artikel berbahasa Indonesia,
  • Artikel 300 kata : Rp 15.000,00
  • Artikel 400 kata : Rp 18.000,00
  • Artikel 500 kata : Rp 20.000,00
  • Artikel 1000 kata : Rp 25.000,00
Sedangkan untuk artikel berbahasa Inggris, berikut gambaran umumnya,
  • Artikel 300 kata : Rp 15.000,00
  • Artikel 400 kata : Rp 18.000,00
  • Artikel 500 kata : Rp 25.000,00
  • Artikel 1000 kata : Rp 30.000,00

Jadi tak ada salahnya untuk mencoba menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas online. Apalagi yang menjadikan menulis sebagai hobi. Selain untuk melepaskan hasrat ingin menulis tentunya juga lumayan menghasilkan. Apapun dari semua ini, jika benar benar mampu menulis secara rutin alangkah baiknya memiliki blog sendiri dengan monetize sendiri. Walau butuh waktu yang lebih banyak untuk belajar SEO dan Monetize tapi setidaknya punya mesin penghasil uang sendiri.

Loading...