Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Hal Penting dalam Mengembangkan Online Shop

Di era sekarang ini berdagang tidak hanya terbatas pada lapak fisik pasar saja. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat salah satu traksaksi yang luar biasa terjadi meliputi dunia maya. Jika anda seorang pedagang atau berminat untuk berdagang sudah selayaknya untuk mempertimbangkan memiliki sebuah toko online atau online shop. Hanya saja sebagian dari kita pasti akan memiliki sebuah ketakutan dan keraguan untuk segera membuka toko online ini.

Memang untuk memulai sebuah bisnis tidak selalu mudah. Akan ditemui beberapa hambatan dan rintangan. Tapi seperti itulah berjalannya sebuah kehidupan, jika tidak ada tantangan dimanakah sisi seru dan nikmat kehidupan itu sendiri? Hanya saja semua rintangan dan tantangan tersebut bisa kok di antisipasi dan dilewati. Rencanakan sesuatu dengan kematangan yang sempurna sehingga kita siap untuk menghadapi semua kemungkinan yang terjadi. Nah sekarang dalam postingan kali ini BPO akan mencoba mengupas tuntas bagaimana untuk membuka sebuah toko online. BPO tidak akan memberikan tutorial langkah anda harus begini dan begitu, klik ini atau itu. BPO akan mengupas hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan sebuah online shop.

Penting Sebelum Membuka Toko Online

Online shop merupakan sebuah halaman berupa website atau blog yang ditujukan untuk mempromosikan sesuatu dengan tujuan jual beli baik itu barang ataupun jasa. Dengan adanya halaman tersebut diharapkan jangkauan kepada pembeli akan lebih luas. Tentu saja ini sekarang telah banyak diterapkan oleh para pebisnis dalam mengembangkan usaha yang mereka rintis. Pada halaman tersebut akan di pajang barang-barang sampel dan produk yang ingin mereka jual.

Tujuan dari semua itu tentu saja untuk memperluas jangkauan pasar demi keuntungan yang lebih besar untuk diraih. Sistem ini sudah banyak dijalankan oleh para pebisnis dengan berbagai platform. Bisa melalui Sosial media, seperti Instagram, Facebook dan lain-lain. Bisa juga melalui jasa situs jual beli seperti tokopedia, olx, buka lapak. Sementara sebagian lagi ada penjual yang memang memiliki situs tersendiri untuk jenis usaha mereka. Hal ini dikarenakan bisa di analisis dengan kecendrungan masyarakat yang lebih tergantung akan internet.

Bagi para pemula yang ingin membuka online shop, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk masa perencanaan. Yang pertama adalah, tetapkan produk yang akan dijual. Biasanya penetapan barang atau jasaa yang akan dijual ini telah ada ketika menemukan ide bisnis. Misalkan saja ingin berjualan online, dan anda telah menemukan produk yang ingin dipasarkan. Pertimbangkan mengenai hal ketersediaan stok barang, serta yang terpentig kemudahan untuk pengirima barang kepada konsumen.

Selanjutnya setelah menetapkan produk yang akan dijual, tetapkan target atau lahan pasar produk. Misalkan ingin menjual barang kosmetik, maka targetnya siapakan? untuk kalangan pelajar, mahasiswa atau ibu rumah tangga. Hal ini dibilang penting karena ini akan menjadi pertimbangan untuk berpromosi kepada pangsa pasar sehingga barang yang akan dijual benar-benar mencapai target penjualan. Dengan analisa pangsa pasar ini juga akan membantu untuk meraih keuntungan maksimun, karena disini akan terlihat peluang kemampuan membeli target.

Setelah menetapkan dua hal di atas maka lakukanlah observasi pasar. Observasi di sini meliputi kompetitor atau pesaing. Bagaimana selera tren terbaru terhadap produk yang ditawarkan. Sejauh mana kemampuan untuk melakukan pemenuhan selera konsumen. Hal terpenting berikutnya adalah penetapan sistem transaksi. Ini akan melibatkan keterlibatan unsur pendukung jalannya online shop. Rencanakan dengan sebaik mungkin, bagaimana sistem pembayaran nantinya, bagaimana pengiriman barang kepada konsumen nantinya. Sistem Pembayaran yang disarankan adalah melalui transfer bank. Usahakanlah untuk memiliki 2 atau lebih akun bank untuk transaksi dengan pembeli, sehingga pembeli memiliki opsi pembayaran yang banyak. Tentunya pembeli akan berpikir dua kali jika mereka harus membayar biaya administrasi transfer pembayaran lagi. Mereka akan lebih prefer transaksi dengan bank yang sama, bebas biaya administrasi. Tambahan lainnya, usahan menggunakan bank yang mudah di akses da memiliki fitur yang banyak, seperti eBanking, SMS Banking, sehingga untuk mengecek pembayaran anda tidak akan jadi repot sendiri.

Penting setelah Membuka Toko Online

Setelah dalam tahap perencanaan. Tentu anda akan ber-aksi untuk mulai toko online. Namun apabila toko online tersebut telah dibuka, tak cukup sampai disana saja. Ada hal-hal tertentu yang harus dilakukan agar toko tersebut bisa berkembang dengan baik. Beberapa kiat khusus harus dilaksanakan agar online shop anda bisa populer dan dikenal masyrakat sehingga menajdi terpercaya dan mendapatkan banyak pelanggan.

Hal paling mendasar harus diperhatikan adalah desain online shop. Desain onlineshop disarankan sesederhana mungkin tetapi memberikan keleluasaan  bagi pengunjung untuk meng-eksplore semua isi shop tersebut. Penting untuk dipahami masalah tata letak navigasi pada halaman tersebut sehingga memudahkan para pengunjung.

Terlepas dari desain shop, mengenai item. Tampilkan semua item produk dengan jelas. Jika dengan menggunakan foto, tampilkan foto dengan resolusi yang terbaik. Sehingga pembeli benar benar merasakan melihat barang tersebut real ketika browsing produk anda. Berikan deskripsi dan review produk yang jujur. Karena apabila nanti mereka membeli dan barang akan tidak sesuai dengan yang ditawarkan alhasil pengunjung akan malas untuk kembali berbelanja di shop anda. Terkait jelas ini dengan kepuasan pelanggan. Selain itu pastikan mengutamakan kepuasan pelanggan. Berikan pelayanan terbaik, berika respon secepat mungkin jika ada pelanggan yang membutuhkan informasi.

Beralih kepada bagian intern shop anda, sangat diharuskan untuk melakukan perhitungan yang matang mengenai harga penjualan. Rajin-rajin mnegecek kompetitor punya toko, sehingga untuk harga pastikan harga anda tidak kemahalan. Ini sangat vital, disebabkan semua pembeli akan mencari perbandingan harga dulu sebelum memutuskan untuk membeli. So, untuk faktor ini anda harus menjadi juaranya.

Membahas sistem dan marketing. Untuk online shop sendiri pastikan anda memiliki pengetahuan internet marketing dan SEO. Sehingga semua konten shop anda terindeks baik oleh mesin pencari. Jangan lupa pastikan berpromos se menarik mungking, sebijak mungkin dan totalitas kreativitas. Untuk lebih menambah jangkauan pemasaran anda, sangaat amat disaranka anda membuka sistem reseller dan dropship misalnya. Secara logisnya hal ini tentu saja membuat anda akan makin terkenal dan penjualan produk akan meningkat. Itulah hal hal yang harus diperhatikan ketika mengembangkan sebuah online shop. Kadang terlihat sepele tetapi bagian bagian ini penting sekali.

Loading...