Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Daftar Penyimpanan File Online (File Storage) Gratis

Cloud computing begitulah istilah ini dikenal yang terjemahannya komputasi awan. Lebih akrabnya di sapa File Storage. Maksudnya yaitu penyimpanan file di atas awan. Makna di atas awan ini, file yang disimpan bisa di akses dimana saja asalkan terdapat jaringan internet. Beberapa penyedia layanan ini yang akan kita review kali ini adalah OneDrive, Dropbox, Google Drive, Box dan Copy.

OneDrive

OneDrive merupakan layanan yang disediakan oleh Microsoft. Layanan langsung tersedia  bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. Layanan ini juga dapat disiknronkan dengan Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps. Disini Anda bisa menyimpan berbagai macam jenis file contohnya foto, video, dokumen, dan lainnya.

Nilai Plus dari layanan ini adalah kolaborasinya dengan program Microsoft Office (Word, Excel, dan Power Point). Ketika salah satu program MS Office dibuka maka Anda akan terlihat berbagai macam dokumen yang tersimpan di OneDrive pada list recent documents.

Nah apalagi bila  Anda memiliki Office 365, hmm Anda dapat membuka dan mengedit dokumen yang tersimpan di OneDrive dalam waktu yang sama dengan partner Anda secara real time.

-Kelebihan
Sangat cocok bagi Anda pengguna Windows  karena terjamin aman untuk digunakan mengingat ini merupakan produk se-partai dengan OS Anda. Selain itu sinkronisasi juga lebih gampang jika Anda memang pengguna Windows

– Kekurangan
Beberapa konten dibatasi dalam Storage ini, seperti konten dewasa.

Dropbox

Banyak dari penngguna internet menggunakan layanan ini dikarenakan memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Untuk mengakses layanan ini juga bisa dilakukan dari berbagai macam OS seperti ,web, Mac, Windows, Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, dll), iOS, Android, BlackBerry, dan Kindle Fire. Kemudian Dalam upload File, Anda tak dibatasi berapa kapasitas maksimal suatu file.
Mengenai ruang yang mereka berikan,  kapasitas penyimpanan gratis diberikan sebesar 2GB. Tapi Anda bisa menambah ruang tersebut gratis seperti  mengikuti Getting Started tutorial, mendapat tambahan sebesar 250MB, mengaktifkan fitur auto photo upload, mendapatkan bonus lagi sebesar 3GB, mendapatkan bonus 500MB untuk mengajak teman untuk menggunakan layanan Dropbox.

– Kelebihan
Dropbox bisa di integrasikan dengan berbagai perangkat PC, Mac, Android, ataupun iOS. Sehingga apapun gadget anda nanti dan kedepannya tidak akan menyusahkan.

– Kekurangan
Hanya saja untuk akses file secara mobile masih kurang baik.

Google Drive

Google Drive sebagaimana namanya tentu kita tahu pemilik layanan ini yaitu Google. Kapasitas file storage gratis yang diberikan sangat besar dibanding 2 file sotrage di atas yaitu 15GB. Namun kapasitas 15GB itu harus terakumulasi dengan semua layanan Google yang Anda gunakan dalam satu akun, seprti blog, email dll.

Google Drive juga didukung  'built-in office suite' yaitu layanan yang memungkinkan untuk editing File Word, Excel, dan Power Point secara langsung. disamping itu Google Drive juga bisa dihubungkan dengan aplikasi pihak ketiga seperti untuk mengirim fax / gampang untuk dilampirka pada email nantinya file yang di  Google Drive Ini

– Kelebihan
Kemudahan dalam sinkronisasi dengan gmail,, sehingga jika mobilitas anda tinggi menggunakan email ini merupakan pilihan yang tidak salah lagi untuk digunakan.

– Kekurangan
Hingga saat tulisan ini diterbitkan belum tersedianya fitur upload foto langsung via Handphone ke Google Drive

Box

File Storage ini memang bisa dibuat oleh siapa saja namu dari pengamatan awam BPO pengguna Box ini rata rata pelaku IT dan Bisnis. Fitur tambahan  Box dilengkapi dengan adanya kolom komentar di file pengguna lain,layanan notifikasi ketika adanya perubahan pada file. Disamping itu ada fitur tambahan untuk melindungi suatu file dengan password dan bisa mengatur masa expired suatu file.

– KelebihanAdanya kolom komentar pada suatu file, sehingga lebih terkesan interaktif.
Bisa mengatur masa expired suatu file
– Kekurangan
Fitur yang terlalu banyak, mungkin jika hanya untuk penyimpanan file saja (buat pemula) ini terlalu berlebih dan ribet

Copy

Perusahaan Barracuda Networks itulah sang penyedia layanan ini, Copy akan memberikan kapasitas gratis sebesar 15GB untuk pendafttaran awal, sama seperti Google Drive dan One Drive.

Salah yang menarik dari Copy adalah kemampuannya untuk membagikan jatah file yang di-share. Sebagai contoh jika Anda memiliki folder sebesar 20GB yang di-share bersama 3 orang teman Anda, maka folder tersebut hanya akan memakan kapasitas 5GB di pada masing-masing akun. Hal ini berbeda dengan Dropbox yang memakan kapasitas pada orang yang men-share folder tersebut.

– Kelebihan
Saat Anda menshare suatu file dengan akun lain maka kapasitas akan dibagi rata, misal Anda share file berkapasitas 21 GB dengan 2 orang teman Anda, jadi masing masing akun hanya akan dihitung 7GB (termasuk Anda). Berbeda dengan Google Drive,jika Anda menshare maka Anda dan teman Anda akan memakan ruang yang sama dengan total kapasitas File. Sekali lagi, Ini File Storage sangat cocok jika file yang disimpan akan di akses (share) dengan beberapa teman (akun ) lainnya.

– Kekurangan
Copy memiliki layanan Web yang agak lamban, namun totally sepertinya ini bukan masalah yang besar.
Di samping 5 layanan diatas ada beberapa layanan file sotrage lain yang populer seperti,Amazon Cloud Drive, SugarSync, dan Space Monkey. Mungkin dilain waktu dan kesempatan kita akan bagikan review File Storage ini.

Loading...